Jokowi Lepas 51,5 Ton Bantuan Tahap Pertama untuk Palestina

Laporan: Khaerul Anam
Sabtu, 04 November 2023 | 10:10 WIB
Presiden Joko Widodo memberangkatkan bantuan ke Gaza (SinPo.id/Setkab)
Presiden Joko Widodo memberangkatkan bantuan ke Gaza (SinPo.id/Setkab)

SinPo.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melepas pengiriman bantuan kemanusiaan untuk rakyat Palestina. Pengiriman bantuan tahap pertama ini dilakukan di Pangkalan TNI AU Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur.

"Pada pagi hari ini, bantuan Indonesia untuk rakyat Palestina akan segera diberangkatkan menuju Bandara El Arish di Mesir, kemudian akan diteruskan disalurkan ke Gaza," kata Jokowi dalam sambutannya, Sabtu, 4 November 2023.

Jokowi mengatakan, bantuan seberat 51,5 ton ini akan diangkut menggunakan tiga pesawat. Bantuan ini berisi bahan makanan, alat medis, selimut, tenda, hingga logistik. 

Menurut Jokowi, bantuan kemanusiaan ini bukan hanya dari pemerintah, tetapi juga dari masyarakat yang disalurkan melalui LSM hingga badan zakat.

"Ada yang dari Baznas, IHA, dari PMI, dari Kitabisa, dan juga dari pemerintah, TNI dan Polri. Kita harapkan akan semakin banyak bantuan-bantuan dari masyarakat dan dunia usaha," ujarnya.

Lebih lanjut, mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan, pengiriman bantuan tahap selanjutnya untuk Palestina juga sedang dalam proses persiapan.

Jokowi menyebut, pengiriman bantuan ini merupakan wujud solidaritas Indonesia terhadap bangsa Palestina serta kepedulian Indonesia terhadap kemanusiaan.

"Karena tragedi di Gaza tidak dapat diterima dan harus segera mungkin dihentikan. Indonesia akan terus bersama perjuangan bangsa Palestina," tandasnya.

Turut hadir dalam pelepasan bantuan tersebut, diantaranya Duta Besar Palestina untuk Republik Indonesia Zuhair Al Shun, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Sekretariat Negara Pratikno.

Kemudian Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo hingga Panglima TNI Laksamana Yudo Margono.sinpo

Komentar: