Sentil Din Syamsuddin, PAN: Pemimpin yang Muda Tangguh, Tua Berpengalaman

Laporan: Juven Martua Sitompul
Sabtu, 04 November 2023 | 10:58 WIB
Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi (SinPo.id/ Sigit Nuryadin)
Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi (SinPo.id/ Sigit Nuryadin)

SinPo.id - Partai Amanat Nasional (PAN) mengingatkan keberhasilan seorang pemimpin tidak bisa diukur dari satu variabel. Apalagi, ukuran kesuksesan itu hanya berdasarkan usia seorang pemimpin.

Ini ditegaskan PAN menanggapi pernyataan mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin yang menilai pemimpin jangan terlalu tua dan muda.

"Seorang pemimpin itu tidak bisa diukur dari satu variabel saja, yaitu menafsirkan umur secara kuantitatif dalam bentuk angka," kata Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi saat dikonfirmasi, Jakarta, Sabtu, 4 November 2023.

Bagi Viva Yoga, pemimpin itu harus memiliki kualifikasi spesifik yang melekat dengan dirinya. Dia memaparkan beberapa kualifikasi tersebut.

"Kualifikasi itu di antaranya, memiliki integritas pribadi yang baik, visi yang jelas dan futuristik, kompetensi dan kapasitas, pengalaman empiris, cinta tanah air dan rakyat, serta memiliki nilai leadership yang tangguh dan kuat," katanya.

Dia menekankan variabel itu tidak bisa dibatasi dengan usia yang bersifat kuantitatif. Viva bahkan menilai tidak jarang usia muda justru lebih tangguh dan inovasi sedangkan yang tua berpengalaman dan semakin kreatif.

"Beberapa variabel itu tidak bisa dibatasi oleh umur yang bersifat kuantitatif. Bisa saja yang muda usia tapi tangguh dan memiliki inovasi, yang tua usia lebih berpengalaman, wise, sabar; dan semakin kreatif," katanya.

Din Syamsuddin sebelumnya menyinggung soal usia capres dan cawapres. Dia menilai pemimpin jangan terlalu tua dan muda.

"Kalaupun di negara lain, termasuk Amerika, tokoh-tokoh tua. Tapi secara biologis usia muda, tapi tidak terlalu muda," ungkapnya.sinpo

Komentar: