Cacar Monyet di Jakarta Terus Bertambah Jadi 34 Kasus

Laporan: Khaerul Anam
Senin, 13 November 2023 | 12:36 WIB
Ilustrasi (Sinpo.id/Pixabay)
Ilustrasi (Sinpo.id/Pixabay)

SinPo.id -  Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta mencatat kasus positif cacar monyet atau Monkeypox di Jakarta bertambah menjadi 34 pasien. Sementara itu, satu pasien telah dinyatakan sembuh.

"Kasus positif total 34 orang. Satu pasien (sembuh) diantaranya merupakan kasus Agustus 2022," kata Kepala Seksi Surveilans, Epidemiologi, dan Imunisasi Dinas Kesehatan DKI Jakarta Ngabila Salama, Senin, 13 November 2023

Ngabila mengatakan, seluruh pasien yang terinfeksi cacar monyet itu berjenis kelamin laki-laki dengan rentang usia 25 sampai 50 tahun. Semuanya bergejala ringan dan tertular melalui kontak seksual.

Menurutnya, pasien cacar monyet membutuhkan perawatan dua sampai tiga minggu hingga dinyatakan sembuh. Sejauh ini, rumah sakit di Ibu Kota masih siap untuk menampung pasien Mpox.

Lebih lanjut, Dinkes DKI juga mencatat terdapat empat orang suspect atau diduga mengidap gejala cacar monyet per Minggu, 12 November 2023. Selain itu, Dinkes DKI telah memeriksa 111 orang yang kontak erat dengan pasien positif.

Hasil PCR menunjukkan bahwa 111 orang itu negatif cacar monyet. Pemeriksaan juga dilakukan terhadap sembilan orang yang kontak erat dengan hasil positif, tapi tanpa gejala.

"Jumlah orang yang memiliki riwayat kontak erat dengan pasien Mpox terus bertambah dari sebelumnya hanya 82 orang," tandasnya.
sinpo

Komentar: