PERPINDAHAN IBU KOTA

Sambut Baik IKN, DPRD Yakin Jakarta Bakal Bebas Kemacetan dan Polusi

Laporan: Sigit Nuryadin
Kamis, 09 Mei 2024 | 16:32 WIB
Ilustrasi Jakarta (SinPo.id/ Pixabay)
Ilustrasi Jakarta (SinPo.id/ Pixabay)

SinPo.id - Anggota DPRD DKI Hardiyanto Kenneth menyambut baik rencana ibu kota bakal dipindahkan dari Jakarta ke Kalimantan Timur dengan nama Ibu Kota Nusantara (IKN). 

Menurut dia, dengan pindahnya ibu kota ke IKN akan berdampak pada kondisi Jakarta yang bisa terbebas dari kemacetan dan polusi udara. 

"Jakarta diharapkan lebih lengang penduduk dan kendaraan pribadi sehingga masalah utama kota, yakni kemacetan bisa terurai," ujar Kenneth kepada wartawan, Kamis, 9 Mei 2024.

Kendati begitu, kata Kenneth, harapan bebas kemacetan tentunya harus diimbangi dengan meningkatkan fasilitas pedestrian dan transportasi publik.

"Dengan adanya pengelolaan manajemen transportasi, harapannya kualitas udara yang buruk akibat asap kendaraan bisa berkurang," ungkap dia. 

Kemudian, dia meminta pabrik-pabrik yang berada di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) perlu diberikan edukasi untuk mengalihkan sumber energi ataupun pembuangan limbah yang lebih ramah lingkungan.

Oleh karenanya, Kenneth berharap adanya sinergi antara Pemprov dan DPRD dalam mengelola anggaran. Begitu juga dengan perencanaan infrastruktur perlu benar-benar menyentuh hingga titik krusial masalah di masyarakat.

"Sinergi yang utuh antarkedua lembaga bisa mendorong Jakarta mungkin menggantikan Hongkong sebagai pusat ekonomi di Asia atau New York yang diklaim sebagai pusat ekonomi dan bisnis dunia," ujar Kenneth. sinpo

Komentar: