Nawawi Ditunjuk Sebagai Ketua KPK Sementara, Yudi Purnomo: Solusi Tepat

Laporan: Sigit Nuryadin
Sabtu, 25 November 2023 | 19:17 WIB
Eks penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Yudi Purnomo  (SinPo TV)
Eks penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Yudi Purnomo (SinPo TV)

SinPo.id - Eks penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Yudi Purnomo menilai bahwa penunjukan Nawawi Pomolango sebagai Ketua KPK sementara merupakan solusi yang tepat. Nawawi ditunjuk sebagai Ketua KPK usai Firli Bahuri ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan pemerasan kepada mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL).

"Ini merupakan solusi cepat dan tepat sesuai UU KPK dari polemik Firli Bahuri yang dikatakan masih bekerja sebagai ketua KPK, padahal sudah ditetapkan sebagai tersangka," kata Yudi dalam keterangan tertulisnya, Sabtu, 25 November 2023.

Yudi pun sangat mengapresiasi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan cepat menandatangani Keppres terkait pemberhentian sementara Firli Bahuri.

"Tidak ada lagi alasan Firli untuk bisa ikut campur dalam kerja-kerja pemberantasan korupsi karena Keppres sudah terbit," tuturnya.

Menurut Yudi, Nawawi merupakan sosok yang terbaik dari empat pimpinan KPK yang tersisa. Bahkan, dia menilai Nawawi memiliki kompetensi yang tinggi dari sisi keilmuan lantaran mantan hakim tipikor.

Apalagi, kata Yudi, Nawawi merupakan sangat yang diterima oleh pegawai KPK dan dipercaya oleh semua pihak.

"Kita tahu pegawai KPK terdiri dari unsur antara lain dari Kepolisian, Kejaksaan dan ASN KPK. Yang terpenting Nawawi jauh dari sosok kontroversi apalagi yang bersangkutan juga termasuk jarang tampil ke publik," ungkap Yudi.

Sebelumnya, Presiden Jokowi telah menandatangani keputusan presiden (keppres) pemberhentian sementara Firli Bahuri sebagai Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Presiden Joko Widodo telah menandatangani Keppres Pemberhentian Sementara Ketua KPK Firli Bahuri," kata Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana dalam keterangannya, Jumat 24 November 2023.

Langkah ini menyusul ditetapkannya Firli  sebagai tersangka kasus dugaan pemerasan kepada mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) oleh Polda Metro Jaya. Presiden Jokowi pun menunjuk Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango menjadi Ketua KPK sementara.sinpo

Komentar: