Bertemu Presiden DK PBB, Menlu OKI Sepakat Tangani Krisis Kemanusiaan di Gaza

Laporan: Galuh Ratnatika
Kamis, 30 November 2023 | 20:56 WIB
Menlu OKI bertemu dewan keamanan PBB (SinPo.id/ Dok. Kemlu)
Menlu OKI bertemu dewan keamanan PBB (SinPo.id/ Dok. Kemlu)

SinPo.id - Menteri Luar Negeri (Menlu) RI, Retno Marsudi, mengatakan para Menlu anggota Organisasi Kerjasama Islam (OKI) telah bertemu dengan Menteri Luar Negeri Republik Rakyat Tiongkok (RRT) sebagai Presiden Dewan Keamanan PBB di New York.

Pertemuan tersebut digelar dalam rangka membahas upaya dalam menangani krisis kemanusiaan di Gaza, seiring dengan peringatan Hari Solidaritas Internasional Palestina yang diperingati setiap 29 November.

“Untuk tahun ini, semua Menlu OKI yang berada di New York hadir dalam peringatan tersebut untuk menunjukkan dukungan kuat kepada Palestina," kata Retno, Kamis 30 November 2023.

Dalam pertemuan tersebut juga disepakati sejumlah hal penting, urgensi komunitas internasional untuk memastikan pembentukan jalur bantuan yang aman ke Jalur Gaza, serta memperbarui tuntutan agar kembali ke jalan perdamaian melalui implementasi resolusi internasional terkait solusi dua negara.

Selain itu, disepakati pula upaya dalam memberikan hak-hak sah bagi rakyat Palestina untuk mendirikan negara mereka sendiri, dengan Yerusalem Timur sebagai ibukotanya.

Kemudian, para Menlu juga menyoroti tanggung jawab komunitas internasional untuk menolak selektivitas dalam menerapkan standar hukum dan moral internasional, dan mengecam segala bentuk pemukiman Israel dan pengusiran paksa terhadap rakyat Palestina.sinpo

Komentar: