Dua Buku dari Indonesia Raih Penghargaan di Gourmand World Cookbook Awards

Laporan: Galuh Ratnatika
Jumat, 01 Desember 2023 | 20:12 WIB
Indonesia terima Gourmand World Cookbook Awards (SinPo.id/ Dok. Kemlu)
Indonesia terima Gourmand World Cookbook Awards (SinPo.id/ Dok. Kemlu)

SinPo.id - Indonesia berhasil memenangkan dua penghargaan penting di Gourmand World Cookbook Awards, yang merupakan bagian dari Saudi Feast Food Festival, sebuah acara kuliner terbesar di Timur Tengah, yang diselenggarakan di Riyadh, ibukota Arab Saudi.

Adapun dua buku tersebut, yakni "Tales of the Lands Beneath the Winds" (Negeri di Bawah Angin) oleh Negeri Rempah Foundation pada kategori "Special Award of the Jury," dan "The Indonesia Table" oleh Petty Pandean-Pelliot yang terpilih sebagai "The Best Asian Cookbook in the World."

Kedua buku ini merupakan bagian dari kumpulan 11 buku yang mewakili Indonesia pada Gourmand Award 2023, antara lain "Comfort Food" oleh Omar Niode Foundation - Diomedia, "100 Makanan Mak Nyus Tradisional Recipes" oleh Bondan Winarno (Penerbit Buku Kompas), dan "Our Bali, Your Bali," oleh Dean Keddell.

“Semoga buku-buku yang mendapatkan Gourmand Awards ini akan diikuti oleh buku-buku lainnya," kata Duta Besar RI untuk Arab Saudi, Dr. Abdul Aziz Ahmad, dikutip Jumat 1 Desember 2023.

Menurutnya, kemenangan tersebut menegaskan posisi Indonesia sebagai pemain kunci dalam industri kuliner dan penerbitan global, dan kehadiran buku-buku Indonesia di Gourmand Awards juga bukan hanya sebagai pengakuan atas kualitas, tetapi juga wujud dari keragaman budaya kuliner yang dimiliki Indonesia.

Seperti diketahui, Gourmand World Cookbook Awards adalah penghargaan internasional untuk buku-buku masakan sejak 1995. Setiap Gourmand Awards diikuti lebih dari 100 negara yang mencakup ribuan entri buku masakan, buku digital, dan program televisi yang menyoroti kekayaan dan keragaman budaya kuliner global.sinpo

Komentar: