Ganjar: Pendidikan Salah Satu Cara Mengubah Nasib

Laporan: Juven Martua Sitompul
Jumat, 01 Desember 2023 | 20:57 WIB
Capres Ganjar Pranowo (SinPo.id/ Ashar)
Capres Ganjar Pranowo (SinPo.id/ Ashar)

SinPo.id - Calon presiden (capres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo meyakini pendidikan merupakan salah satu cara mengubah nasib seseorang. Sekolah dinilai tempat terbaik menambah wawasan dan cara berpikir.

"Sekolah adalah tempat terbaik buat kita untuk mengubah nasib," kata Ganjar di Universitas San Pedro Kupang, NTT, diterima melalui keterangan tertulis, Jumat, 1 Desember 2023.

Dengan pendidikan tinggi, kata Ganjar, maka pola pikir seseorang akan berubah. Selain itu, lapangan pekerjaan lebih luas dan lebih banyak dan diyakini berdampak terhadap kesejahteraan.

Menurut Ganjar, buah dari pendidikan yang tinggi itu telah berhasil mengantarkan dirinya menjadi sosok sekarang. Padahal, Ganjar berasal dari keluarga yang biasa saja.

"Contohnya siapa? Saya sendiri," kata mantan Gubernur Jawa Tengah itu.

Namun, dia mengaku mendapatkan akses pendidikan dan terus berjuang untuk memperoleh masa depan yang cerah. Jatuh bangun dalam proses untuk mencapai kesuksesan pun sudah dirasakannya.

Oleh karena itu, Ganjar mengungkapkan akses pendidikan adalah peluang yang bisa diberikan kepada anak-anak muda agar mereka belajar dan bersekolah. Kendati demikian, ada doa orang tua dan air mata yang mengiringi kesuksesannya itu.

"Tapi, bapak/ibu, proses itu tidak demikian saja. Ada doa orang tua dan air mata," tegas Ganjarsinpo

Komentar: