Jokowi Resmikan RSUP dr. Ben Mboi NTT

Laporan: Khaerul Anam
Rabu, 06 Desember 2023 | 09:57 WIB
Suasana peresmian RS dr. Ben Mboi NTT (Sinpo.id/Setpres)
Suasana peresmian RS dr. Ben Mboi NTT (Sinpo.id/Setpres)

SinPo.id -  Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) dr. Ben Mboi di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT). Menurutnya, RSUP ini menjadi yang terbesar di Indonesia bagian timur, khususnya di NTT.

"Menempati lahan seluas kurang lebih 14 hektare dan bangunannya sendiri 35 ribu meter persegi. Ini rumah sakit yang besar sekali," kata Jokowi melalui Youtube Sekretsriat Presiden, Rabu, 6 Desember 2023.

Jokowi menyebut, pembangunan RSUP dr. Ben Mboi ini menghabiskan anggaran kurang lebih sebesar Rp 420 miliar dengan persetujuan DPR RI.

Selain itu, alat kesehatan (alkes) yang disediakan di RSUP ini juga cukup modern. Apalagi, alkes seperti CT Scan harganya bisa mencapai Rp 20 miliar hanya untuk satu unit. 

"Tadi saya lihat MRI, saya lihat CT Scan-nya. Saya berpikir ini yang mengoperasikan ada ndak. Karena peralatannya betul-betul super modern. Mestinya bisa kerja sama dengan rumah sakit yang lain," ujarnya.

Lebih lanjut, Jokowi berharap keberadaan RSUP ini dapat meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat di wilayah Indonesia bagian timur.

"Tidak usah jauh-jauh ke Jakarta, cukup di sini semuanya bisa ditangani," tegasnya.

"Dan yang paljng penting penambahan SDM uatamanya dokter yang sepesialis dan subspesialis memang harus dikejar agar kekurangan yang ada bisa dipenuhi," tandasnya.

sinpo

Komentar: