Imin Dilaporkan ke Bawaslu Akibat Dugaan Money Politic

Laporan: Bayu Primanda
Jumat, 08 Desember 2023 | 22:15 WIB
Tanda terima pelaporan pelanggaran kampanye Imin (Sinpo.id/Tim Media)
Tanda terima pelaporan pelanggaran kampanye Imin (Sinpo.id/Tim Media)

SinPo.id -  Cawapres nomor urut 1, Muhaimin Iskandar atau Imin dilaporkan ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) atas dugaan pelanggaran money politic atau politik uang yang dilakukannya saat berkampanye di Sumatera Utara.

Laporan tersebut diadukan Pengacara Pembela Pilar Konstitusi (PPPK) atas temuan mereka dalam kampanye paslon Anies-Imin yang dihelat di Medan, 4 Desember 2023 lalu.

"Adapun atas perbuatan Cak Imin selaku Cawapres Peserta Pemilu” tersebut, maka menurut hukum patut diduga telah melakukan politik uang (money politik) dan dapat dipersangkakan telah melanggar Pasal 280 ayat (1) huruf (j) Jo. Pasal 523 ayat (1) Undang-Undang Pemilu," kata Meydika Ramadani dikutip dari siaran persnya, Jumat, 8 Desember 2023.

Lebih jauh Meydika menjabarkan bahwa dalam laporannya, PPPK melampirkan sejumlah bukti pelanggaran yang dilakukan Imin saat berkampanye.

"Paslon Capres-Cawapres nomor urut 1 telah menyampaikan pernyataan di hadapan peserta kampanye pemilu yang pada pokoknya adalah Jika pihaknya/ pasangan AMIN menang (memimpin Indonesia), maka anak muda yang memiliki kemampuan dan tekad akan diberi modal usaha Rp10 juta," kata Meydika.

Kini laporan tersebut telah masuk tim Bawaslu dan akan segera ditindaklanjuti.sinpo

Komentar: