Survei LSI: Prabowo-Gibran Unggul Jauh Lampaui Ganjar-Mahfud dan Anies-Imin

Laporan: Bayu Primanda
Minggu, 10 Desember 2023 | 14:22 WIB
Ilustrasi (Sinpo.id)
Ilustrasi (Sinpo.id)

SinPo.id -  Lembaga Survei Indonesia (LSI) merilis hasil survei mereka yang dilakukan pada bulan Desember 2023. Dalam surveinya, LSI menyimpulkan pasangan nomor urut dua, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka unggul di atas pasangan calon presiden dan wakil presiden lainnya.

"Pada Desember 2023 ini survei kami menemukan pasangan nomor urut 2 Prabowo-Gibran itu tingkat elektabilitasnya atau dukungan masyarakat ada di angka 45,6 persen," ujar Direktur LSI Djayadi Hanan dalam jumpa pers secara daring, Minggu, 10 Desember 2023.

Angka ini jauh di atas perolehan Ganjar-Mahfud dan Anies-Imin yang hanya mengekor di belakang.

"Kemudian disusul oleh Ganjar Pranowo-Mahfud di angka 23,8 persen, hampir sama angkanya dengan nomor urut 1 (Anies-Imin) yaitu 22,3 persen," kata dia.

Djayadi mengungkapkan dukungan terhadap Prabowo-Gibran dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar cenderung meningkat dibandingkan dengan hasil survei bulan Oktober lalu. Sementara dukungan terhadap Ganjar-Mahfud mengalami penurunan dalam periode yang sama.

"Jadi, yang pada Oktober lalu belum menentukan pilihan banyak berpindah ke Prabowo, dan sebagian kenaikan dari Prabowo berasal dari penurunan suara Ganjar," jelas Djayadi.

LSI turut membeberkan sejumlah alasan masyarakat mendukung Prabowo-Gibran.

Faktor paling mampu memimpin menduduki alasan nomor pertama dengan presentase 11,7 persen.

Selanjutnya disusul dengan alasan tegas, berani, berwibawa (9,1 persen); suka saja (8,4 persen); jujur, amanah, bisa dipercaya (8,1 persen); dan paling meyakinkan (6,2 persen).

Sementara alasan teratas masyarakat mendukung pasangan AMIN menurut survei LSI ini yaitu ingin perubahan dengan presentase (12,2 persen).

Teruntuk pasangan Ganjar-Mahfud, faktor paling mampu memimpin menjadi alasan teratas dengan presentase (12,3) persen. sinpo

Komentar: