Sambut Pemilu Sejuk, KWP Gelar Lomba Mancing Riang Gembira

Laporan: Juven Martua Sitompul
Minggu, 17 Desember 2023 | 13:15 WIB
Lomba mancing riang gembira (Sinpo.id/Juven)
Lomba mancing riang gembira (Sinpo.id/Juven)

SinPo.id -  Koordinatoriat Wartawan Parlemen (KWP) menggelar Lomba Mancing Piala DPR RI 2023. Perlombaan bertajuk 'Mancing Riang Gembira' ini digelar dalam rangka mengajak publik, khususnya wartawan yang sehari-harinya meliput kegiatan MPR/DPR/DPD RI untuk menyambut Pemilu 2024 dengan damai dan sejuk.

Wakil Ketua Komisi III DPR RI Habiburokhman yang hadir langsung untuk membuka perlombaan mancing ini menyambut baik kegiatan tersebut. Bagi dia, kegiatan positif seperti ini harus terus berlanjut demi menyambung silaturahmi antarwartawan.

"Saya menyambut baik kegiatan-kegiatan positif yang digelar KWP. Semoga acara ini tidak berhenti di sini, ke depannya harus ada lagi kegiatan serupa untuk membangun persatuan antarwartawan," kata Habiburokhman di Kolam Pemancingan Telaga Heliconia, Bekasi, Jawa Barat (Jabar), Sabtu, 16 Desember 2023.

Dalam mendukung kegiatan positif ini, Habiburokhman pun menyumbangkan uang senilai Rp10 juta untuk hadiah dan doorprize. Hadiah itu nantinya diberikan kepada wartawan yang mendapatkan ikan terbanyak.

Sementara itu, Ketua KWP Ariawan mengucapkan terima kasih kepada para anggota KWP yang ikut terlibat dalam menyukseskan lomba mancing tersebut

"Saya mengucapkan terima kasih kepada rekan-rekan yang terlibat, sehingga acara ini bisa terlaksana dengan baik," kata Ariawan.

Pada kesempatan itu juga, Ariawan menyumbang dua unit sepeda untuk hadiah doorprize. Dia berharap ke depan kegiatan-kegiatan positif bisa kembali digelar demi merawat silaturahmi antarwartawan.

Ketua Panitia Lomba Mancing Piala DPR RI 2023, Elvis Sendouw, menjelaskan kegiatan ini digelar sebagai bentuk ajakan kepada masyarakat, khususnya wartawan untuk 'mendinginkan' tensi politik yang mulai panasa menjelang Pemilu 2024.

"Memancing menjadi cara unik untuk merayakan pesta. Tidak seperti perayaan yang ingar-bingar, memancing dilakukan dalam diam. Masing-masing peserta menikmati aktivitasnya tanpa banyak bicara. Namun, di kepala mereka, berlompatan banyak ide dan strategi untuk bisa memenangkan kompetisi. Yakni, mendapatkan ikan. Saat tujuan itu tercapai, layak berbahagialah si pemancing," kata Elvis.

Menurutnya, proses itu sama terjadi dalam Pemilu di mana masing-masing individu memiliki banyak pertimbangan sebelum menjatuhkan pilihan. Ketika harinya tiba, kata dia. mereka siap melemparkan kail demi mendapatkan ikan yang tepat.

"Pada akhirnya, setelah tangkapan didapat, segala persiapan dalam suasana yang tenang itu layak dirayakan sebagai pesta kemenangan," katanya.

Dia juga berharap kegiatan rekreasional Mancing Riang Gembira tentunya bisa menjadi tradisi positif KWP dalam menjalin kebersamaan. Tidak hanya dengan sesama jurnalis, namun juga dengan para wakil rakyat, dan masyarakat luas.

"Lewat keguyuban yang tercipta, komunikasi yang lebih intensif akan terjalin dan sinergi semua pihak dapat terwujud," tegas dia.

Lomba Mancing Piala DPR RI 2023 ini disponsori oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Bank Mandiri, dan Telkomsel. Total ikan yang dimasukkan ke kolam sebanyak 1,5 kwintal.

sinpo

Komentar: