Pertamina Diminta Perhatikan Stok BBM dan Gas Jelang Nataru

Laporan: Galuh Ratnatika
Senin, 18 Desember 2023 | 18:27 WIB
Anggota Komisi VII DPR RI, Mulyanto (SinPo.id/ Parlementaria)
Anggota Komisi VII DPR RI, Mulyanto (SinPo.id/ Parlementaria)

SinPo.id -  Anggota Komisi VII DPR RI dari Fraksi PKS, Mulyanto, meminta Pertamina untuk memperhatikan stok BBM dan gas LPG, serta membuat yang cermat agar kebutuhan masyarakat selama liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) tetap terpenuhi.

Terlebih, Pemerintah telah menyetujui penambahan kuota BBM jenis solar sebesar 1,2 kilo liter dan LPG 3kg sebesar 190 ribu Metrik Ton (MT), karena tingginya permintaan saat liburan. Sehingga distribusi BBM dan gas di tiap daerah juga harus disesuaikan dengan kebutuhan.

"Apalagi libur nataru kali ini bersamaan dengan waktu kampanye Pilpres dan Pileg sehingga diperkirakan mobilitas masyarakat akan meningkat," kata Mulyanto, melalui keterangan tertulisnya, Senin 18 Desember 2023.

"Hal ini perlu diperhatikam agar tidak terjadi ketimpangan antara jumlah permintaan dan pengiriman BBM dan gas. Karena saat terjadi peningkatan permintaan BBM dan gas biasanya diikuti dengan peningkatan penyalagunaan," sambungnya.

Oleh karena itu, untuk menghindari adanya penyalahgunaan, Pertamina harus berkoordinasi dan bekerjasama dengan BPH Migas terkait aspek pengawasan, agar dapat mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat terkait penyediaan BBM dan gas.

"Mumpung waktu persiapannya masih panjang maka Pertamina dan BPH Migas perlu melakukan koordinasi terkait perencanaan pendistribusian BBM dan gas saat libur nataru ini," katanya menambahkan.sinpo

Komentar: