Jelang Nataru, PLN Sediakan Ratusan SPKLU Bagi Pengguna Kendaraan Listrik

Laporan: Galuh Ratnatika
Selasa, 19 Desember 2023 | 21:07 WIB
Ilustrasi SPKLU (SinPo.id/ Dok. Wuling)
Ilustrasi SPKLU (SinPo.id/ Dok. Wuling)

SinPo.id - PT PLN (Persero) telah menyediakan 624 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang tersebar di 411 titik strategis, demi kenyamanan pengguna kendaraan listrikyang ingin bepergian pada liburan Natal dan Tahun Baru 2024.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo mengatakan, pihaknya akan terus berkomitmen mendukung ekosistem kendaraan listrik dengan menyiapkan SPKLU yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia.

“Para pemudik atau masyarakat yang ingin liburan dengan kendaraan listrik kini tak perlu khawatir kehabisan baterai. Tersedia ratusan SPKLU dan petugas siaga yang siap memberikan layanan terbaik,” kata Darmawan melalui keterangan tertulisnya, Selasa 19 Desember 2023.

Menurutnya, pada Nataru kali ini tol Jawa diperkirakan akan menjadi tol yang paling banyak digunakan masyarakat. Namun para pengguna mobil listrik tak perlu khawatir karena PLN telah menyediakan SPKLUyang tersebar di lokasi rest area.

Selain meningkatkan layanan EV Charger di ruas tol, PLN juga meningkatkan layanan di sejumlah kota di Indonesia. Tercatat, sebanyak 26 unit EV Charger disiapkan di 21 lokasi SPKLU untuk wilayah Banten.

Kemudian, sebanyak 113 EV Charger tersebar di 43 lokasi SPKLU di wilayah Jakarta. PLN juga mengoperasikan setidaknya 150 unit EV Charger yang tersebar di 125 lokasi SPKLU di Jawa Barat. Lalu sebanyak 50 EV Charger yang tersebar di 34 lokasi SPKLU di Jawa Tengah & DI Yogyakarta juga disiapkan untuk mendukung libur Nataru.

Sementara Untuk wilayah Jawa Timur, disiapkan 62 unit EV Charger di 34 lokasi SPKLU serta 63 EV Charger di 29 lokasi SPKLU di wilayah Bali. Kemudian, untuk wilayah Nusa Tenggara, sebanyak 25 EV Charger yang tersebar di 16 lokasi. Terakhir, 9 unit EV Charger di 8 lokasi SPKLU disiapkan untuk wilayah Maluku dan Papua.

“Selain dukungan infrastruktur charging station, berbagai fitur di PLN Mobile juga menyediakan berbagai layanan untuk kemudahan pengguna EV," imbuh Darmawan.sinpo

Komentar: