Jokowi Groundbreaking RSUP Khusus Jantung dan Stroke di IKN

Laporan: Khaerul Anam
Rabu, 20 Desember 2023 | 13:36 WIB
Groundbreaking RSUP oleh Presiden Joko Widodo (Sinpo.id/Setpres)
Groundbreaking RSUP oleh Presiden Joko Widodo (Sinpo.id/Setpres)

SinPo.id -  Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan groundbreaking Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) yang dibangun pemerintah di Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur. 

"Hari ini kita groundbreaking lagi untuk Rumah Sakit Umum Pusat yang akan dibangun oleh pemerintah," kata Jokowi dikutip YouTube Sekretariat Presiden, Rabu, 20 Desember 2023.

Jokowi menjelaskan, setelah groundbreaking RSUP ini, masih akan ada lagi tiga rumah sakit swasta yang akan dibangun di IKN. Ia berharap dengan banyaknya pembangunan fasilitas kesehatan di IKN tidak ada lagi masayarakat yang melakukan pengobatan ke luar negeri.

"Saya nggak tahu Ibu kota Nusantara ini kok berbondong-bondong orang mendirikan rumah sakit ini, nanti mestinya kalau sudah jadi, semuanya tidak ada lagi masyarakat kita yang pergi ke Malaysia, ke Singapura, ke Jepang, Ke Amerika untuk kesehatannya," ujarnya.

Mantan Walikota Solo itu menjelaskan, RSUP yang dibangun ini di khususkan hanya menangani penyakit jantung dan stroke. Diharapkan, pembangunan rumah sakit yang menerapkan konsep green building ini dapat mempercepat penyembuhan penyakit jantung maupun stroke.

"Memang konsentrasi rumah sakit umum pusat ini nantinya hanya di jantung dan stroke tapi kalau kita melihat kehijauan di sini, oksigennya banyak, mestinya pikirannya senang, strokenya menjauh," paparnya.

"Menurut saya jantungnya juga menjauh, karena suasananya di sini suasananya hijau karena memang ke depan selalu saya tekankan kepada siapa pun yang membangun di ibukota Nusantara gedungnya harus gedung hijau, green building," lanjut Jokowi.

Lebih lanjut, Jokowi juga menekankan dilakukannya penghijauan kembali di kasawan IKN denagn penanaman pohon endemik yang terus digenjot.

"Sekali lagi agar kawasan yang ada di ibu kota Nusantara ini menjadi sebuah kawasan yang sangat hijau yang di negara mana pun tidak dijumpai ibukota yang sehijau Nusantara ini," tandasnya.sinpo

Komentar: