PSI Yakin Gibran Menang Telak dalam Debat Cawapres

Laporan: Juven Martua Sitompul
Kamis, 21 Desember 2023 | 18:03 WIB
Ilustrasi (Sinpo.id)
Ilustrasi (Sinpo.id)

SinPo.id -  Partai Solidaritas Indonesia (PSI) meyakini semua cawapres merupakan orang-orang terbaik. Namun, PSI yakin cawapres nomor urut 3 Gibran Rakabuming Raka bakal menang telak dalam debat yang digelar KPU pada Jumat, 22 Desember 2023 itu.

"Pak Mahfud pintar dan baik. Begitu juga Cak Imin. Namun Mas Gibran diuntungkan oleh tema topik yang 'Mas Gibran banget', yaitu soal Ekonomi (kerakyatan dan digital), keuangan, investasi, pajak, pengelolaan APBN/APBD, infrastruktur dan perkotaan. Maka, insya Allah, Mas Gibran akan menang telak," kata Sekjen DPP PSI Raja Juli Antoni, kepada wartawan, Jakarta, Kamis, 21 Desember 2023.

Selain latar pendidikannya yang terkait erat dengan topik debat, kata Raja, pengalaman kerja Gibran sebagai pebisnis juga berhubungan dengan topik di atas.

"Ditambah lagi pengalaman Mas Gibran memimpin kota, yang artinya membangun infrastruktur, mengelola APBD, mengendalikan inflasi, mengelola investasi dan sebagainya, tentu menjadi alasan lain untuk yakin Mas Gibran menang telak di debat besok," kata Raja.

Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran itu menyebut jika Mahfud dan Cak Imin tidak punya latar belakang pendidikan, pekerjaan, dan jabatan publik pada sektor di atas.

"Dari segi retorika mereka berdua juga baik, tapi dengan segala hormat, dari segi substansi mereka harus belajar keras agar bisa menandingi Mas Gibran," tegas Raja.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan debat kedua capres-cawapres Pemilu 2024, yang mempertemukan para cawapres. Debat digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, pada Jumat, 22 Desember 2023, mulai pukul 19.00 WIB.

Durasi debat akan berjalan sama seperti debat sebelumnya, yakni 150 menit. Rinciannya, durasi khusus debat selama 120 menit dan terdiri atas enam segmen. Sementara itu, untuk format debat, KPU tidak mengubah dari format debat pertama capres sebelumnya.

Segmen pertama debat akan dibuka dengan penyampaian visi, misi, maupun program kerja dan ditutup dengan penyampaian pernyataan kesimpulan oleh masing-masing cawapres pada segmen keenam.

Tema debat kedua mencakup ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN dan APBD, infrastruktur, dan perkotaan.
sinpo

Komentar: