Berkunjung ke Aljazair, Menlu Bahas Kerja Sama Perdagangan dan Investasi

Laporan: Galuh Ratnatika
Kamis, 21 Desember 2023 | 18:41 WIB
Pertemuan Menlu Retno dengan perwakilan Aljazair (Sinpo.id/Kemlu)
Pertemuan Menlu Retno dengan perwakilan Aljazair (Sinpo.id/Kemlu)

SinPo.id -  Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi melakukan kunjungan bilateral bertemu dengan Menlu Aljazair dan melaksanakan kunjungan kehormatan ke Presiden Aljazair. Kunjungan ini dalam ranngka memperingati 60 tahun terjalinnya hubungan bilateral Indonesia-Aljazair.

Kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka memperkuat kerja sama dalam hal perdagangan dan investasi. Pasalnya, Aljazair termasuk lima besar mitra dagang Indonesia di Afrika, dengan volume perdagangan yang terus meningkat hingga 15,77 persen per tahun.

"Indonesia ingin meningkatkan kerja sama perdagangan dengan Aljazair secara seimbang dan berkelanjutan. Dalam pertemuan, saya dorong Aljazair untuk membentuk preferential trade agreement (PTA)," kata Menlu RI, dalam keterangan resminya, Kamis 21 Desember 2023.

Ia juga menjelaskan bahwa Indonesia dan Aljazair adalah mitra yang erat untuk kerja sama energi, dan Pertamina telah menjadi mitra pengembangan sektor Migas Aljazair, yang berencana untuk kembali berinvestasi sebesar 900 juta USD hingga tahun 2048 pada sektor energi Aljazair.

“Indonesia juga mengharapkan untuk memperluas kerja sama ekonomi di luar sektor minyak, termasuk proyek kerja sama bidang listrik, pertambangan dan energi terbarukan," paparnya.

Oleh karena itu, kata Menlu, Indonesia dan Aljazair sepakat untuk mengaktifkan kembali mekanisme bilateral, termasuk pertemuan Ministerial Level Joint Commission Meeting dan Senior-Level Official Bilateral Consultation. sinpo

Komentar: