Jelang Debat Cawapres, Projo: Gibran Berpelangaman Kelola Ekonomi

Laporan: Sigit Nuryadin
Jumat, 22 Desember 2023 | 13:04 WIB
Gibran Rakabuming tinjau pasar tradisional (Sinpo.id/Tim Media)
Gibran Rakabuming tinjau pasar tradisional (Sinpo.id/Tim Media)

SinPo.id -  Sekjen DPP Projo Handoko, mengatakan calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka bakal memaparkan langkah nyata yang akan dilakukan terkait visi dan misi di bidang ekonomi Prabowo-Gibran.

Pasalnya, Gibran berpengalaman mengelola ekonomi daerah selama menjabat Walikota Solo dan memahami pengembangan investasi daerah.

"Pemilih bisa menilai langsung bahwa Cawapres nomor urut 2 memang bicara konkret soal penerapan dari visi misi di bidang ekonomi saat debat cawapres besok," kata Handoko yang juga menjabat Wakil Sekretaris TKN Prabowo-Gibran, Jumat, 22 Desember 2023.

Dengan pengalaman sebagai pelaku usaha dan kepala daerah, kata Handoko, Gibran betul-betul menguasai persoalan dan tahu bagaimana cara mengatasinya.

"Kalau bukan pelaku ekonomi dan berpengalaman sebagai kepala daerah, tentu isu ekonomi hanya ada di tataran konsep yang mudah dikatakan tapi tidak mudah menerapkannya," ujarnya.

Prabowo-Gibran mendorong generasi muda masuk ke dunia kewirausahaan. Paslon nomor urut 2 juga mendukung industri kreatif dengan meluncurkan Kartu Usaha Startup untuk pengembagan bisnis baru berbasis teknologi dan inovasi.

Prabowo-Gibran secara nyata mendorong digitalisasi UMKM sebagai salah satu jalan utama dalam memperkuat perekonomian Indonesia.

"Yang menarik, Prabowo-Gibran bakal mengucurkan kredit startup milenial untuk generasi muda yang membuka usaha di bidang teknologi dan inovasi," katanya.

Kredit startup ini juga disebut melengkapi sejumlah program yang saat ini sudah dijalankan pemerintah seperti Kredit Usaha Rakyat (KUR), kredit mekar, wakaf mikro, dan kredit ekstra mikro. 

Sebagai informasi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menggelar debat calon wakil presiden (cawapres) di Jakarta Convention Center (JCC) pada Jumat, 22 Desember 2023.

Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud MD bakal beradu gagasan berbagai isu yang telah diramu oleh para panelis.

KPU telah menetapkan tema debat cawapres meliputi ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi pajak, perdagangan, pengelolaan APBN/APBD, infrastruktur, dan perkotaan.

Debat akan berlangsung selama enam segmen dengan total durasi 120 menit. Dalam segmen 2,3,4, dan 5 masing-masing cawapres dapat berinteraksi dan saling sanggah.

Pada segmen 1, khusus pemaparan visi dan misi. Adapun segmen ke-6 penyampaian pernyataan penutup setiap calon.sinpo

Komentar: