Stunting dan UMKM Jadi Isu Strategis yang Disorot Prabowo-Gibran

Laporan: Bayu Primanda
Senin, 25 Desember 2023 | 16:47 WIB
Potret kebersamaan Prabowo-Gibran (Sinpo.id/Ashar)
Potret kebersamaan Prabowo-Gibran (Sinpo.id/Ashar)

SinPo.id -  Komandan Tim Kampanye Nasional (TKN) pemilih muda kluster perempuan (Pink Fanta) Prabowo-Gibran, Suci Suaib Saenong mengatakan penuntasan tengkes (stunting) dan pemberdayaan UMKM menjadi dua isu strategis yang akan ditindaklanjuti pasangan nomor urut 2.

"Kekurangan Indonesia ini adalah tentang pencegahan stunting yang belum maksimal. Lalu, investasi yang masuk di Indonesia itu berdampak pada kami pelaku UMKM di daerah. Dan ini yang dijanjikan Pak Prabowo dan Mas Gibran untuk melanjutkan itu," kata Suci dalam Talk Show Pink Fanta di Markas TKN Fanta HQ, Jakarta, Minggu.

Ia mengatakan, program pencegahan stunting yang dibawa Prabowo-Gibran berupa pemberian nutrisi bagi ibu hamil hingga pemberian makan siang dan susu gratis bagi siswa sekolah dan santri akan membawa manfaat bagi perempuan dan pelaku UMKM.

"Sangat berdampak karena itu produk lokal dan akan dibeli, susu, telur, itu dibeli dari UMKM di daerah tersebut. Pasti warung-warung laku, dan itu yang sangat terbantu di daerah. Bukan soal UMKM saja, melainkan kesehatan masyarakat juga terjamin," katanya.

Ia mengatakan, kesuksesan Indonesia dalam menyiapkan generasi emas berada di tangan perempuan.

Sebab, kata Suci, dari rahim perempuan anak-anak menerima pendidikan pertamanya. Karena itu, Suci mengajak para perempuan untuk memilih Prabowo-Gibran di Pilpres 2024 karena memiliki program kerja yang pro kepentingan perempuan.

"Kita tahu pemilih perempuan lebih besar dibanding pemilih laki-laki di Indonesia, ya. Program-program untuk mendukung perempuan itu juga adalah di paslon nomor 2. Inilah yang kita tegaskan kepada perempuan-perempuan di Indonesia bahwa pilih calon yang mengutamakan perempuan," ujarnya.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.sinpo

Komentar: