Jokowi Serahkan BLT Kepada Warga Jatim untuk Antisipasi Dampak El Nino

Laporan: Galuh Ratnatika
Kamis, 28 Desember 2023 | 00:29 WIB
El Nino
El Nino

SinPo.id -  Dalam rangka mengantisipasi dampak signifikan El Nino, Presiden Joko Widodo (Jokowi), menyerahkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) El Nino kepada sejumlah penerima manfaat di Kantor Pos Genteng, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur pada Rabu 27 Desember 2023.

Menurutnya, pemberian BLT El Nino tersebut bertujuan untuk meningkatkan daya beli masyarakat karena kenaikan harga sejumlah kebutuhan pokok. Hal itu juga merupakan tugas APBN dalam menjaga stabilitas ekonomi, melindungi, serta memberi manfaat bagi masyarakat melalui berbagai kebijakan. 

“BLT El Nino ini digunakan karena ada kenaikan barang, beras yang naik dikit, ini dipakai untuk nutup itu,” kata Jokowi.

Adapun total anggaran untuk program BLT El Nino yang disalurkan kepada masyarakat, yakni sebesar Rp7,52 triliun, dan secara keseluruhan hingga 21 Desember 2023, BLT El Nino telah disalurkan sejumlah Rp6,72 triliun atau mencapai 89,36 persen.

Penyaluran BLT El Nino juga menyasar kepada 18,8 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) selama dua bulan, yakni dari bulN November hingga Desember 2023 dengan besaran Rp200 ribu per bulan. Selain BLT El Nino, pemerintah juga menyalurkan bantuan pangan cadangan beras sebanyak 10 kilogram yang telah dimulai dari September 2023.

“Nanti Januari, Februari, Maret (2024) yang 10 kilo dilanjutkan lagi,” pungkasnya.sinpo

Komentar: