FENOMENA EL NINO

Minimalisir Dampak El Nino, Kementan Gencarkan Program Pompanisasi

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Kamis, 11 April 2024 | 22:54 WIB
Mentan Amran Sulaiman (Sinpo.id/Antara Foto)
Mentan Amran Sulaiman (Sinpo.id/Antara Foto)

SinPo.id - Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman mengatakan pemerintah sedang menggencarkan program pompanisasi sebagai solusi cepat dalam mengatasi masalah pertanian. Pompanisasi diharapkan dapat mengairi sawah kering yang terdampak fenomena El Nino, sehingga bisa mewujudkan swasembada pangan.

"Saya optimistis tahun yang akan datang Indonesia mampu swasembada (pangan) secara berkelanjutan karena program (pompanisasi) yang kita bangun adalah program masa depan," ujar Amran dalam keterangannya, Kamis, 11 April 2024.

Kementerian Pertanian, kata Amran, menargetkan bisa melakukan pompanisasi untuk mengairi sawah di Pulau Jawa minimal 500 ribu hektare dan 500 ribu hektare di luar Pulau Jawa.

Pemerintah juga terus mengoptimalisasi Lahan Rawa (Oplah) sebagai program jangka panjang yang berkelanjutan. Oleh karena itu, ia berharap Lebaran 2024 menjadi pemicu kenaikan produksi pangan di Indonesia.

"Saya selalu katakan tanpa pangan sebuah negara itu bisa hancur karena nantinya akan terjadi konflik sosial antarmasyarakat," jelas dia.

Amran mengaku bersyukur karena selama ini Indonesia berhasil menjadi negara paling kuat dalam urusan pemenuhan pangan. Artinya produksi yang dilakukan dari tahun ke tahun selalu mampu memenuhi kebutuhan dalam negeri.

"Saya bersyukur pangan kita cukup meski terdapat banyak krisis yang menimpa semua negara. Alhamdulillah Indonesia tetap berproduksi dengan baik," tandasnya.sinpo

Komentar: