Malam Tahun Baru, BPBD Ingatkan Potensi Hujan di DKI

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Minggu, 31 Desember 2023 | 16:42 WIB
Ilustrasi hujan (SinPo.id/ Getty Images)
Ilustrasi hujan (SinPo.id/ Getty Images)

SinPo.id - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, mengimbau warga untuk antisipasi kemungkinan terjadinya hujan ringan saat malam pergantian tahun.

Kepala BPBD DKI Jakarta, Isnawa Adji, mengingatkan agar warga menjauhi pohon rindang, reklame dan membawa jas hujan atau payung saat berkegiatan menikmati malam tahun baru.

"BMKG memprakirakan terjadi hujan ringan di seluruh DKI. Saya imbau agar warga yang ingin menikmati malam tahun baru jauhi pohon rindang, papan reklame dan jangan lupa bawa payung atau jas hujan," kata Isnawa dikutip dari laman resmi Pemprov DKI, Minggu, 31 Desember 2023.

Isnawa menjelaskan, kondisi cuaca dan potensi bencana hidrometeorologi tahun ini berbeda dengan tahun lalu. Pasalnya, pada tahun ini ciri sudah terlihat dengan intensitas curah hujan tinggi sejak dua pekan sebelumnya.

"Kondisi cuaca pada malam pergantian tahun ini lebih kondusif dari tahun lalu," katanya.

Meski diperkirakan cuaca cukup kondusif, namun Isnawa tetap mengimbau warga waspada serta tidak lengah terhadap berbagai potensi bencana di sekitar lingkungan masing-masing.

"Total kita siagakan 400 personel pada malam tahun baru ini. Warga yang butuh layanan darurat medis, atau ada kejadian di lingkungan, silakan hubungi 112," tegasnya.

Imbauan serupa disampaikan Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta, Satriadi Gunawan. Dia mengingatkan masyarakat agar tidak bermain petasan, memastikan meninggal rumah dalam kondisi aman dengan cara mematikan steker listrik, kompor dan mencabut regulator gas, untuk amtisipasi munculnya bahaya kebakaran.

"Lalu tidak membakar sampah atau material mudah terbakar lainnya. Juga perhatikan api saat menggunakan alat memasak," tandasnya.sinpo

Komentar: