Eks Penyidik Beberkan Langkah Perbaikan KPK di Tahun 2024

Laporan: Sigit Nuryadin
Minggu, 31 Desember 2023 | 17:15 WIB
Ilustrasi KPK (SinPo.id/ Khaerul Anam)
Ilustrasi KPK (SinPo.id/ Khaerul Anam)

SinPo.id - Mantan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi  (KPK) Yudi Purnomo menyebut ada sejumlah langkah yang harus dibenahi KPK dalam menghadapi tahun 2024. Pertama, KPK baik di level pegawai dan pimpinan harus terhindar dari pelanggaran etik.

"KPK harus fokus kerja dan tidak ada permasalahan baik internal maupun eksternal. Kalau pegawai KPK masih bermasalah dan pimpinan juga begitu ya seperti ini aja KPK," ujar Yudi dalam keterangannya dikutip Minggu, 31 Desember 2023.

Kemudian, menurut dia peran pimpinan KPK dalam masa perbaikan sangatlah penting. Untuk itu, Yudi menilai Ketua sementara KPK Nawawi Pomolango memiliki kapasitas mengembalikan kepercayaan publik kepada KPK.

"Pak Nawawi figurnya tidak ada masalah, tidak ada kontroversi. Rekam jejaknya pun bagus di mata pegawai," tuturnya. 

Yudi berujar, langkah mengembalikan kepercayaan publik ke KPK juga bisa dilakukan dengan menuntaskan perkara korupsi yang menjadi perhatian publik. Salah satunya lewat penangkapan kepada buron Harun Masiku.

Lebih lanjut, Yudi mengungkapkan, cara itu tengah dikerjakan KPK saat ini. Di akhir Desember ini KPK diketahui telah menggeledah rumah mantan komisioner KPU Wahyu Setiawan. Wahyu juga telah diperiksa lagi oleh KPK sebagai saksi korupsi Harun Masiku.

"Jadi kalau misalnya Pak Nawawi bisa menuntaskan kasus-kasus yang saat ini ada dan menangkap buronan yaitu Harun Masiku ini yang paling dicari dan kemarin sudah bergerak melakukan pemeriksaan kepada Wahyu," kata Yudi.sinpo

Komentar: