Antisipasi Banjir di Jakarta, Heru Budi Akan Bangun Rumah Pompa Air di Kali Sunter

Laporan: Khaerul Anam
Kamis, 29 Februari 2024 | 22:04 WIB
Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono (SinPo.id/Ppid dki)
Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono (SinPo.id/Ppid dki)

SinPo.id - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono berencana menambah rumah pompa air baru di Kali Sunter pada 2025 mendatang. Rencana itu sebagai salah satu langkah mengantisipasi banjir di wilayah Jakarta.

Hal itu disampaikan Heru Budi saat meninjau Rumah Pompa Air Ancol, Tanjung Priok, Jakarta Utara imbas dari banjir yang melanda sejumlah titik di Ibu Kota pada Kamis, 29 Februari 2024.

"Jadi evaluasinya 2025 nanti ditambahkan (rumah pompa air) di Kali Sunter," ungka Heru, dalam Siaran Persnya, Kamis, 29 Februari 2024.

Heru menyebut, penambahan rumah pompa baru sebagai salah satu upaya untuk mengurangi beban di Rumah Pompa Ancol. Namun begitu, ia mengatakan pembangunan rumah pompa baru di Kali Sunter saat ini masih dalam tahap kajian dan evaluasi.

Dalam tinjauannya itu, Heru juga memastikan ketiga pompa yang terdapat di Rumah Pompa Ancol bekerja dengan optimal. "Khusus untuk di Rumah Pompa Ancol, semua mesin sudah ganti baru, tiga-tiganya. Hari ini sekaligus mengecek apakah berfungsi dengan baik," paparnya.

Lebih lanjut, Heru mengatakan, berbagai persiapan telah dilakukan dengan mempertimbangkan curah hujan yang tidak menentu. Untuk itu ia mengimbau agar seluruh pompa dipastikan kelayakannya agar dapat berjalan baik.

"Pak Kepala BPBD DKI Jakarta juga memonitor, kalau perlu buka dapur darurat dengan Dinas Sosial (Dinsos). Tapi mudah-mudahan itu tidak mengarah ke sana," tegas Heru.

"Kemudian, Kepala Dinas SDA dan Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) yang dikoordinasi oleh BPBD dapat membantu di titik-titik lokasi yang tergenang," tandasnya.sinpo

Komentar: