Jokowi Minta Petani Segera Tanam Padi Agar Produksi Beras Meningkat

Laporan: Khaerul Anam
Rabu, 03 Januari 2024 | 14:27 WIB
Presiden Jokowi. (SinPo.id/tangkapan layar Youtube Setpres)
Presiden Jokowi. (SinPo.id/tangkapan layar Youtube Setpres)

SinPo.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta petani untuk mulai menanam padi di awal bulan ini agar terjadi peningkatan produksi beras saat masa panen pertama di 2024.

Jokowi menyebut ketersediaan air di Januari ini sudah melimpah karena intensitas hujan yang mulai meningkat.

"Di Desember kita tanam 1,4 juta, di Januari 1,7 juta hektare, kemudian Februari 1,4 juta hektare. Jadi kita harapkan ada peningkatan produksi beras kita di masa panen Maret-April mendatang," kata Jokowi usai meninjau penanaman beras di Banyumas, Jawa Tengah, Rabu, 3 Januari 2023.

Jokowi juga memastikan masalah kelangkaan pupuk yang di keluhkan petani tengah diselesaikan oleh pemerintah. Program yang dijalankan seperti pembelian pupuk yang hanya menggunakan KTP tanpa harus memakai kartu tani hingga penyiapan stok pupuk mencapai 1,7 juta ton.

"Kemudian subsidi pupuk juga saya sudah meminta ke Mentan, Menkeu untuk ajukan dana tambah Rp 14 triliun untuk subsidi pupuk. Saya kira itu mencukupi dan keluhan pupuk saya harapkan tidak ada lagi," ujarnya.

Lebih lanjut, mantan Wali Kota Solo ini juga menargetkan agar produksi beras di provinsi Jawa Tengah meningkat dan dapat kembali menjadi terbesar kedua se Indonesia.

"Ya tadi pupuk harus siap segera tanem di awal tahun ini. Udah. Kalau target bisa naik lagi. Tadi keluhannya juga urusan irigasi yang sudah sedimennya tinggi di bendungannya nanti dikerjakan pak menteri PU secepatnya," tandasnya.

Jokowi juga berpesan kepasa seluruh stakeholder terkait untuk terus mengawasi pupuk subsidi agar tidak bocor ke tangan yang tidak berhak.

"Ya itu harus dikontrol terus, distributor, pengecer, dikontrol jangan sampai pupuk subsidi dijual ke tempat yang bukan petani. Memang ada kebocoran begitu tapi semua akan diawasi dan dikontrol," tandasnya.sinpo

Komentar: