Kecelakaan Kereta Terus Berulang, DPR: Kedisiplinan dalam Penerapan SOP Harus Ditingkatkan

Laporan: Galuh Ratnatika
Rabu, 17 Januari 2024 | 16:57 WIB
Kondisi KA Turangga yang terlibat kecelakaan (Sinpo.id/Ist)
Kondisi KA Turangga yang terlibat kecelakaan (Sinpo.id/Ist)

SinPo.id - Anggota Komisi V DPR RI, Mulyadi, meminta Dirjen Kereta Api dan PT KAI sebagai operator moda transportasi Kereta Api agar dapat lebih meningkatkan kedisiplinan dalam menerapkan standar operasional prosedur (SOP) yang ada, untuk mencegah berulangnya kecelakaan kereta.

Ia juga meminta PT KAI dapat segera melakukan audit operasi, termasuk meningkatkan kembali peningkatan kompetensi dari setiap SDM di KAI, mengingat banyaknya kecelakaan kereta di awal tahun 2024 ini.

"Kami berharap dari Komisi V yang bermitra dengan Kementerian Perhubungan supaya Dirjen Kereta Api melakukan evaluasi menyeluruh termasuk audit operasi, audit sarana prasarana, dan melakukan upgrading kompetensi setiap SDM yang dilibatkan, khususnya yang berkaitan dengan operasional kegiatan di perkeretaapian," kata Mulyadi, dikutip Rabu 17 Januari 2024.

Menurutnya, KAI sebagai salah satu transportasi yang diandalkan seharusnya dapat memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan, termasuk mengutamakan keselamatan penumpang, agar kepercayaan masyarakat terhadap moda transportasi kereta api dapat kembali.

"Operator maupun dari Dirjen Kereta Api harus meningkatkan sisi sosialisasi tentang pentingnya keselamatan berkereta api. Dan itu bukan saja untuk para customer pengguna moda kereta api, tapi juga tentu sekali lagi ya SDM yang dilibatkan juga tentu operasional harus betul maksimal," tuturnya.

Di samping itu, kata Mulyadi, perlengkapan sarana prasarana juga harus terus diperbaharui, supaya keselamatan dan keamanan dapat menjadi prioritas. Sehingga kepercayaan publik dapat kembali meningkat.sinpo

Komentar: