Kapal Berbendera Yunani Diserang di Laut Merah

Oleh: VOA INDONESIA
Kamis, 22 Februari 2024 | 07:29 WIB
Ilustrasi bajak laut (pixabay)
Ilustrasi bajak laut (pixabay)

SinPo.id -  Kapal kargo curah berbendera Yunani, Sea Champion tiba di pelabuhan Aden di wilayah selatan Yaman, Selasa 20 Februari 2024, setelah diserang di Laut Merah, dalam apa yang tampaknya merupakan sebuah serangan rudal salah sasaran oleh milisi Houthi. Hal ini disampaikan sumber-sumber di sektor pelayaran dan militer.

Risiko pelayaran telah meningkat, karena serangan berulang drone dan rudal di Laut Merah dan selat Bab al-Mandab oleh Houthi yang bersekutu dengan Iran sejak November. Pasukan AS dan Inggris telah merespon itu dengan sejumlah serangan ke fasilitas milik Houthi tetapi sejauh ini gagal untuk menghentikan serangan-serangan tersebut.

Pusat Komando AS, CENTCOM mengatakan pada Selasa malam bahwa Houthi telah menembakkan dua rudal balistik anti kapal ke kapal kargo Sea Champion. Ini merupakan kapal curah milik perusahaan AS. CENTCOM juga mengatakan, salah satu rudal meledak di dekat kapal dan menyebabkan kerusakan kecil.

Kapal Sea Champion, yang membawa jagung dari Argentina ke Aden, yang menjadi ibu kota Yaman yang diakui secara internasional, telah diserang dua kali pada Senin, dengan kerusakan pada jendela tetapi tidak ada kru yang terluka, kata sumber-sumber di Kementerian Pelayaran Yunani.

CENTCOM mengatakan bahwa Sea Champion mengirimkan bantuan kemanusiaan ke Yaman 11 kali dalam 5 tahun terakhir. [ns/lt]sinpo

Komentar: