Gerindra: Belum Ada yang Keliling Minta Tanda Tangan Hak Angket Kecurangan Pemilu

Oleh: Firdausi
Kamis, 07 Maret 2024 | 09:34 WIB
Wakil Ketua Komisi III DPR Habiburokhman (SinPo.id/ Firdausi)
Wakil Ketua Komisi III DPR Habiburokhman (SinPo.id/ Firdausi)

SinPo.id - Wakil Ketua Komisi III DPR Fraksi Partai Gerindra Habiburokhman mengungkap belum ada anggota DPR yang keliling mencari tanda tangan anggota dewan supaya untuk mengajukan hak angket kecurangan pemilu. Situasinya berbeda ketika ada yang mengajukan hak angket terkait Mahkamah Konstitusi beberapa waktu lalu oleh salah satu anggota DPR.

"Justru itu saya enggak lihat. Kalau dulu saya lihat ada teman kawan saya, sahabat saya, tahulah mister M keliling bawa ini kemana-mana minta tanda tangan sekarang saya tidak melihat. Waktu hak angket MK kan. Beliau keliling ke komisi juga, walaupun teman-teman tidak mau tanda tangan tapi kalau sekarang kayaknya gak ada," ujar Habiburokhman di Jakarta, Kamis, 7 Maret 2024.

Secara pribadi, Habiburokhman melakukan komunikasi secara personal dengan anggota DPR lintas fraksi. Ia menangkap kebanyakan dari mereka tidak menginginkan hak angket. Dari anggota DPR yang ditemui wakil ketua umum Partai Gerindra ini, kebanyakan sudah menerima hasil Pemilu 2024.

"Ini boleh jadi subjektif tapi yg saya tangkap adalah bahwa kontestasi sudah usai dan ada vox populi vox dei, suara rakyat suara tuhan, rakyat sudah memutuskan, lalu ada metode ilmiah namanya quick count yang banyak orang percayai sangat valid sehingga kalau hasil pemilu, kalau proses pemilu sepertinya semangat teman-teman menghormati, sebagian besar teman-teman, ya sudahlah untuk pemilu sudah ada pemenangnya, kurang lebih begitu," kata Habiburokhman.

Namun, ia tidak ingin menilai apakah peluang digulirkannya hak angket kecurangan pemilu ini kecil.

"Tidak mau berspekulasi. Makanya saya tidak mau memberikan judgement tapi saya sampaikan apa yang terjadi yang sudah saya lakukan komunikasi," ungkap Habiburokhman.sinpo

Komentar: