Gerindra Tak Khawatir Hak Angket Digulirkan

Oleh: Ahda
Kamis, 07 Maret 2024 | 11:23 WIB
Pemilu sudah dilaksanakan (Foto/Freepik)
Pemilu sudah dilaksanakan (Foto/Freepik)

SinPo.id - Partai Gerindra tidak khawatir jika hak angket digulirkan di DPR. Sebagai partai yang menilai hak angket tidak diperlukan, Gerindra tidak bakal menghalangi proses politik yang dijalankan untuk mengajukan hak angket.

"Kalau kami tidak akan menghalangi, itu hak masing-masing. Jadi komunikasi yang banyak kami jalin seperti itu, bahwa ya udah lah sudah ada pemenangnya, apalagi sih dipersoalkan," kata Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu Maret 2024.

"Saya bilang dari awal, tidak ada kekhawatiran. Silahkan saja gitu," sambungnya.

Gerindra menilai tidak perlu untuk digulirkan hak angket. Tetapi kalau ada yang ingin mengajukan hak angket, Gerindra tidak ada masalah.

"Kami mengatakan bahwa tidak perlu, silahkan saja. Kalau untuk mendukung hak angket kan perlu administrasi. Administrasi seperti apa dia harus bikin semacam proposalnya lalu format tanda tangan dan lain sebagainya, silahkan saja," kata Habiburokhman.

Menurut Wakil Ketua Komisi III DPR RI ini, apabila yang diharapkan perbaikan pemilu ada cara yang lebih baik daripada hak angket. Habiburokhman mengatakan, ada yang lebih produktif untuk dilakukan.

"Sisa waktu 8 bulan itu alangkah baiknya digunakan untuk hal yang lebih produktif dalam konteks melayani rakyat misalnya pengesahan undang-undang yang tertinggal, 8 bulan ini kan masing-masing AKD tentu bisa undang-undang disahkan atau dalam konteks pengawasan ya mungkin bisa lebih maksimal," ujarnya.

Habiburokhman mengatakan, ada opsi lain untuk menjalankan fungsi pengawasan terhadap penyelenggaraan pemilu di luar hak angket. Misalnya dilakukan oleh Komisi II kepada mitranya penyelenggara pemilu.

"Jadi bisa saja enggak perlu hak angket tetapi dibahas di raker-raker bidang pengawasan, Komisi II misalnya rapat dengan KPU Bawaslu, kami rapat dengan aparat penegak hukum, tetap saja kan aspirasi masyarakat soal dugaan-dugaan kecurangan bisa disampaikan," katanya.
 sinpo

Komentar: