Sekjen Gerindra Usul Ambang Batas Parlemen Naik dari 4 Persen

Laporan: Tim Redaksi
Jumat, 08 Maret 2024 | 02:36 WIB
DPR
DPR

SinPo.id -  Sekjen Gerindra Ahmad Muzani mendorong
parliamentary threshold (PT) dinaikkan dari 4 persen. Menurut dia, ambang batas diperlukan untuk penyederhanaan partai politik di DPR.

"Kalau menurut kami ya sebaiknya dinaikkan," ujar Muzani di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis 7 Maret 2024.

MK menilai ketentuan parliamentary threshold atau ambang batas parlemen 4% suara sah nasional yang diatur UU 7 tahun 2017 tidak sejalan dengan prinsip kedaulatan rakyat. MK memerintahkan agar ambang batas DPR tersebut diubah sebelum pelaksanaan Pemilu 2029.

Hal ini disampaikan MK dalam putusan perkara 116/PUU-XXI/2023, yang diajukan Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem). Sidang diketahui dipimpin oleh Ketua MK Suhartoyo.
Menurut Muzani, perubahan PT 4 persen butuh kajian. "Threshold itu sekarang kan 4%, 4% apakah mau dinaikin apa tidak ya nanti kami kaji.
Kajian kami mengatakan penyederhanaan partai politik diperlukan," ujarnya

Muzani menilai masih perlu didiskusikan lebih lanjut dengan parpol lainnya. Berapa angka yang akan disepakati nantinya merupakan hasil diskusi dari partai yang ada di DPR.

"Oleh karena itu cara atau pintu yang dianggap tepat ya threshold. Itu pemikiran kami. Nanti kita duduk bersama berapa persen yang pas untuk dinaikin partai politik, karena kalau ndak maka partai akan semakin banyak dan seterusnya tapi coba dicek lagi," ujarnya.sinpo

Komentar: