200 Duta Imam Tarawih asal Jakarta Ditugaskan Jelang Ramadan

Laporan: Tim Redaksi
Jumat, 08 Maret 2024 | 04:57 WIB
Ilustrasi (umrah.com)
Ilustrasi (umrah.com)

SinPo.id -  Asisten Kesejahteraan Rakyat (Askesra) Sekda Provinsi DKI Jakarta, Widyastuti melepas sebanyak 200 Duta Imam Tarawih 1445 H/ 2024 M di Balai Kota. Program ini merupakan hasil sinergi Pemprov DKI bersama Baznas (Bazis) DKI Jakarta serta Lembaga Bahasa dan Ilmu Al-Qur’an (LBIQ) yang dilangsungkan setiap tahun pada bulan Ramadan.

“Kami mengucapkan salam bangga kepada duta imam tarawih yang sudah terpilih,” ujar Widyastuti, Kamis 7 Maret 2024.

Ia mengungkapkan, program Duta Imam Tarawih yang digelar untuk ke empat kalinya mengusung tema, “Bersama Duta Imam Kita Tingkatkan Semangat Ramadan yang Memerdekakan dan Mempersatukan”. Untuk itu, duta imam tawarih yang terpilih tahun ini diharapkan dapat melaksanakan tugas sebaik-baiknya di masjid dan musala di seluruh pelosok DKI Jakarta.

“Tidak mudah mencari para penghafal Al-Qur’an ditambah suara yang merdu dalam melantunkan ayat suci Al-Qur’an. Saya berharap duta imam tarawih ini memberikan dorongan dan memotivasi untuk meningkatkan mutu serta kualitas imam di masjid dan musholah setempat,” paparnya.

Ia menjelaskan, sebanyak 200 dari 400 lebih pendaftar terpilih, termasuk enam orang disabilitas (tunanetra) menjadi duta imam tarawih 1445 H.

“Kami sangat mengapresiasi pemilihan duta imam tarawih ini tidak ada diskriminasi," jelasnya.

Sementara Ketua LBIQ Jakarta, Haji Supli memaparkan, program Duta Imam tarawih digelar untuk mengapresiasi potensi warga DKI Jakarta yang memiliki kemampuan di bidang tahsin, tahfidz dalam Al-Qur’an, serta stimulus untuk meningkatkan semangat belajar Al-Qur’an, dan menciptakan suasana khusyuk dalam menjalankan ibadah salat Tarawih di Bulan Suci Ramadan 1445 H.

“Kami berharap dengan terpilihnya Duta Imam Tarawih yang memiliki hafalan Qur’an dan suara yang merdu dapat memberikan dampak kepada masyarakat untuk lebih giat dan semangat dalam menjalankan ibadah salat tarawih di masjid atau musala serta menjadikan nuansa Ramadan di DKI Jakarta khususnya penuh berkah dan rahmat,” tandasnya.sinpo

Komentar: