PJ Gubernur: Jakarta International Marathon Bagian dari Sport Tourism

Laporan: Tim Redaksi
Senin, 11 Maret 2024 | 02:08 WIB
Ilustrasi Marathon
Ilustrasi Marathon

SinPo.id -  Jakarta International Marathon (JAKIM) 2024 dihelat pada pertengahan 2024. Penjabat (Pj) Gubenur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, meluncurkan JAKIM di Hutan Kota Plataran GBK Senayan, Gelora, Tanah Abang, Jakarta Pusat pada Minggu 10 Maret 2024.  

"Kita meluncurkan secara resmi Jakarta International Marathon 2024," kata dia pada Minggu 10 Maret 2024.

Acara digelar atas kerjasama 
Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bekerja sama dengan PT Bank Tabungan Negara (BTN). Peluncuran event ini ditandai kick off registrasion yang direncanakan berlangsung pada 23 Juni 2024 dan dipimpin langsung Penjabat (Pj) Gubenur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono.

"Event ini bagian dari sport tourism yang bisa membangkitkan perekonomian dan menyehatkan masyarakat," ujarnya

Menurut Heru, kegiatan serupa pada tahun lalu dengan tajuk BTN Jakarta Run diikuti 12.600 peserta. Tahun ini ajang tersebut diyakini bakal lebih banyak menyedot peserta dari dalam dan luar negeri.

Ia menjelaskan, selain berdampak terhadap hunian hotel, event yang melibatkan puluhan ribu orang ini juga dipastikan berdampak pada ekonomi. Apalagi, kegiatan yang bakal dimulai di kawasan Silang Barat Monas ini nantinya melintasi rute ke sejumlah ikon budaya dan wisata di Jakarta.

Karena itu, Heru memastikan Pemprov DKI Jakarta memberikan dukungan penuh agar kegiatan ini berlangsung sukses. Pihaknya juga menegaskan bakal mengedepankan keselamatan dan keamanan kegiatan ini dengan melakukan sterilisasi lintasan lomba.

Sejauh ini Dinas Perhubungan (Dishub) DKI telah melakukan kajian dan menyiapkan sistem buka tutup lalu lintas (lalin) saat pelaksanaan kegiatan ini.

"Kepada masyarakat Jabodetabek, saya harap bisa mendukung. Pada 23 Juni nanti kita akan tetapkan sebagai Marathon Day," ucap Heru.
 sinpo

Komentar: