Ramadhan 2024

Asyiknya Ngabuburit ke Masjid Cut Meutia, Banyak Jajanan Takjil Lezat

Oleh: Lidya
Rabu, 13 Maret 2024 | 18:40 WIB
Masjid Cut Meutia. (Foto/Lydia)
Masjid Cut Meutia. (Foto/Lydia)

SinPo.id - Berburu menu buka puasa ataupun ngabuburit sambil menunggu waktu berbuka tiba, rasanya Masjid Cut Meutia bisa jadi destinasi favorit.

Masjid yang berlokasi di Menteng, Jakarta Pusat, ini menyajikan beragam menu berbuka favorit yang mengugah selera.

Berdasarkan pantauan SinPo.id, situasi di Masjid Cut Meutia mulai ramai pengunjung jelang berbuka. Satu per satu orang mulai memadati rumah ibadah legendaris itu.

Ada beberapa pengunjung yang memutuskan hanya duduk-duduk di bagian depan masjid. Yang lainnya terlihat asyik berburu takjil yang di jual di depan halaman masjid.

Siti (21) jauh-jauh datang dari Tambun mengatakan, dirinya hanya ingin berjalan-jalan menghabiskan waktu di Jakarta.

"Pengin main saja ke Jakarta, soalnya ayah kan lagi ke kantor. Kakak kerja di Kebon Sirih, jadinya bosan mau main saja ke Jakarta sambil cari bukaan," kata Siti, Rabu 13 Maret 2024.

Siti menambahkan, Masjid Cut Meutia ia pilih menjadi tempat berkunjung karena lokasinya strategis dekat dengan stasiun KRL.

"Karena dekat sama kereta. Aku kan naik kereta ke sininya," tambah Siti.

Ia pun menilai Masjid Cut Meutia merupakan tempat yang indah. "Iya bagus ya. Banyak yang bilang masjid ini ramai jadi mau lihat," ucapnya lebih lanjut.

Sebagai informasi, Masjid Cut Meutia selesai dibangun pada 1912. Mulanya, bangunan ini digunakan sebagai kantor biro arsitektur Belanda N.V. De Bauploeg.

Lalu, gedung mulai dijadikan masjid dan pusat dakwah Islam sejak 18 Agustus 1987.

Masjid ini telah menjadi cagar budaya yang telah disahkan dalam bentuk Surat Keputusan Gubernur DKI Jakarta Nomor 5184/1987.sinpo

Komentar: