Deretan Artis Gagal Nyaleg, Salah Satunya  Kris Dayanti

Oleh: Ahda
Kamis, 14 Maret 2024 | 10:49 WIB
Kris Dayanti saat bertemu masyarakat (Foto/Instagram Krisdayantilemos)
Kris Dayanti saat bertemu masyarakat (Foto/Instagram Krisdayantilemos)

SinPo.id -  Para artis mencoba peruntungannya menjadi calon legislatif (caleg) DPR RI di Pemilu 2024. Ternyata, nama besarnya saja tidak cukup mengantarkan untuk menduduki kursi di Senayan.

Di antara artis-artis yang gagal menjadi anggota DPR, ada nama-nama petahana. Hanya saja nasib berkata lain pada pemilu kali ini.

Berikut dirangkum beberapa nama artis yang gagal lolos menjadi anggota DPR:

1. Kris Dayanti (KD)
Penyanyi kondang ini merupakan anggota DPR petahana dari PDIP. Namun, pada Pemilu kali ini, Kris Dayanti diprediksi gagal lantaran kursi PDIP di Dapil Jatim V yang meliputi wilayah Malang Raya berkurang satu dari sebelumnya tiga kursi.

Kris Dayanti mampu meraup 70.111 suara. Meski terbilang suaranya cukup besar, ia berada di urutan ketiga dari dua caleg PDIP lainnya yaitu Ahmad Basarah dan Andreas Lody Susetyo.

2. Anang Hermansyah
Anang yang sebelumnya pernah menjadi anggota DPR periode 2014-2019 ini mencoba lagi peruntungannya maju dari PDIP di Pemilu 2024. Nasibnya kini berbeda ketika menjadi caleg dari PAN pada 2014 silam.

Anang dipastikan gagal ke DPR lantaran PDIP hanya mendapatkan satu kursi di Dapil Jawa Barat V di Kabupaten Bogor. Sementara, rekannya dari PDIP yang lolos adalah petahana Adian Napitupulu.

3. Aldi Taher
Aldi dipastikan gagal ke Senayan lantaran Partai Perindo tidak lolos ambang batas parlemen 4 persen. Aldi pun hanya mampu meraup 1.499 suara di Dapil Jawa Barat VII.

4. Giring Ganesha
Mantan punggawa Nidji ini kembali gagal ke Senayan. Partai Solidaritas Indonesia (PSI) tidak mendapatkan kursi di Dapil Jawa Barat I yang meliputi Kota Bandung dan Cimahi. Giring pun hanya meraup 15.640 suara.

5. Andika Kangen Band
Vokalis bernama asli Andika Mahesa Setiawan ini gagal melenggang ke Senayan. Andika yang maju sebagai caleg Partai Demokrat dari Dapil Lampung I hanya mengantongi 5.797 suara.

6. Ayu Azhari
Artis peran ini maju di Dapil Jakarta I dari Partai Amanat Nasional (PAN) dengan meraup 9.911 suara. Ayu gagal menjadi anggota DPR karena PAN hanya mendapatkan satu kursi. Rekan satu partainya, Eko Patrio menjadi caleg PAN yang lolos.

7. Gilang Dirga
Presenter dan komedian ini gagal melaju ke Senayan meski meraup 79.673 suara. Karena PPP sebagai kendaraan politiknya tak mampu mendapatkan kursi di Dapil Jakarta I yang meliputi Jakarta Timur.

8. Wanda Hamidah
Artis yang maju dari Partai Golkar ini gagal ke Senayan. Wanda meraup 10.839 suara. Namun tak mampu membawanya sebagai anggota dewan karena Partai Golkar tidak mendapatkan suara di Dapil Jakarta I.

9. Yusuf Mansur
Pendakwah yang sering muncul di layar kaca ini maju dari Partai Perindo. Selain partainya yang tidak mendapat satu kursi, Yusuf Mansur hanya meraup 4.245 suara di Dapil Jakarta I.

10. Helmy Yahya
Pembawa acara televisi ini maju sebagai caleg PSI. Helmy meraup 19.791 suara di Dapil Sumatera Selatan I. PSI tak mendapatkan satu kursi, perolehan suara secara nasional juga belum lolos dari ambang batas 4 persen.

11. Chef Arnold
Juri Masterchef Indonesia ini tak berhasil menjadi anggota DPR. Chef bernama lengkap Arnold Poenomo ini maju dari Dapil Jawa Timur I melalui Partai Perindo. Sampai detik ini Partai Perindo belum lolos ambang batas parlemen 4 persen.

12. Vicky Prasetyo
Maju dari Partai Perindo, Vicky hanya meraup 2.160 suara. Ia maju dari Jawa Barat VI. Selain suaranya kurang mencukupi, Perindo diprediksi tidak lolos ke parlemen karena tertahan ambang batas.


 sinpo

Komentar: