Ramadan 2024

4 Tips Hilangkan Ngantuk di Kantor Selama Puasa

Oleh: Panji Septo Raharjo
Jumat, 15 Maret 2024 | 12:03 WIB
Ilustrasi bekerja saat menjalani ibadah puasa. (Foto/Freepik)
Ilustrasi bekerja saat menjalani ibadah puasa. (Foto/Freepik)

SinPo.id - Ibadah puasa Ramadan sering kali membuat rasa ngantuk dan lemas yang lebih intens dari pada hari-hari biasa, khususnya jika Anda bekerja di kantor. 

Sebab, orang yang berpuasa biasanya tidur lebih malam dan bangun lebih pagi untuk mempersiapkan puasa.

Selain itu, rasa ngantuk juga bisa terjadi lantaran orang yang berpuasa tidak mengonsumsi makanan dan minuman sehingga terasa lemas.

Meski demikian, rasa lemas dan ngantuk tidak boleh menjadi penghalang dalam beribahadah. Berikut empat tips menghilangkan ngantuk saat berpuasa.

1. Berjalan kaki

Berjalan kaki bisa membuat orang yang berpuasa menjadi lebih segar. Sebab, gerakan kaki bisa memompa oksigen ke seluruh tubuh agar rasa ngantuk hilang.

Selain itu, berjalan kaki juga dalam meningkatkan produksi hormon kortisol, epinefrin, dan norepinefrin. 

2. Mencari udara segar

Dalam kesempatan biasa, orang-orang mungkin akan mengonsumsi sesuatu agar tidak mengantuk. Namun, hal itu tidak bisa dilakukan saat berpuasa.

Anda bisa berjalan-jalan ke luar dengan ruangan terbuka untuk menghilangkan rasa ngantuk. Menghirup oksigen bisa membuat otak kembali jernih agar tidak mengantuk.

3. Tidur sejenak

Ibadah puasa Ramadan membuat orang menjadi lebih mengantuk dari karena aktivitas yang tidak biasa. Jika terlalu lelah, Anda bisa menutup mata sebentar alias tidur.

Dengan mengistirahatkan mata selama 10-15 menit, Anda tidak akan mengantuk lagi dan bisa kembali beraktivitas atau bekerja selama beribadah puasa Ramadan.

4. Ngobrol

Berkomunikasi dengan teman dan membicarakan hal yang seru pastinya akan membuat rasa kantuk hilang. 

Cobalah untuk berbicara dengan teman di sekitar untuk menghilangkan rasa mengantuk.sinpo

Komentar: