Anies Belum Tentu Dicalonkan Jadi Gubernur DKI Jakarta 2024

Oleh: Panji
Sabtu, 16 Maret 2024 | 12:46 WIB
Anies Baswedan usai pemilihan (Foto/Sinpo)
Anies Baswedan usai pemilihan (Foto/Sinpo)

SinPo.id - Pengamat Politik Universitas Al Azhar Ujang Komaruddin menduga calon presiden nomor urut 01 Anies Baswedan tidak akan dicalonkan dalam pemilihan kepala daerah di DKI Jakarta 2024.

Menurut Ujang, ada tokoh lain dari koalisi 01 yang punya potensi maju di Pilgub di Jakarta. Di antaranya Bendahara Umum Nasdem Ahmad Sahroni dan Kedua DPP PKS Mardani Ali Sera.


“Belum tentu Anies, yang diusung bisa saja Sahroni atau Mardani Ali Sera. Tokoh-tokoh PKB juga ada, meski bersatu di daerah belum tentu untuk Anies,” ujar Ujang kepada Sinpo.id, Sabtu 16 Maret 2024.

Ujang menduga dinamika pasca-pilpres akan mengubah banyak konstelasi politik. Menurutnya, tiga partai di kubu 01 akan berhitung keuntungan jika mengusung Anies yang sudah kalah di Pilpres 2024.

“Tergantung keuntungan yang diberikan Anies bagi kubu 01 di pilkada DKI Jakarta ini kalau menang, Tapi kan Anies Muhaimin sudah kalah di pilpres oleh Prabowo Gibran,” tuturnya.

Ujang menduga 3 partai tersebut akan berpikir ulang untuk mengusung Anies di Pilkada DKI Jakarta. Terlebih lagi, mentan menteri pendidikan itu baru saja selesai dengan Pilpres 2024.

“Masa habis nyapres nyagub lagi? Itu kan turun level atau turun kasta,” kata dia.

Sebelumnya, Anies diisukan akan kembali berkontestasi dalam Pilgub DKI Jakarta 2024. Bendahara Umum Partai NasDem Ahmad Sahroni juga sempat menyinggung nama Anies saat ditanya terkait siapa yang akan dicalonkan Partai Nasdem dalam Pilgub 2024.

Hal itu dia ucapkan saat ditanya siapa yang akan dalam kontestasi tersebut, dirinya atau Anies Baswedan yang akan ikut berkompetisi dalam pemilihan kepala daerah di DKI Jakarta.

"Enggak tahu, Anies kali maju lagi," ujar Sahroni di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat belum lama ini.sinpo

Komentar: