Pakar Yakin Prabowo Mampu Sempurnakan Strategi Geopolitik Jokowi

Laporan: Tio Pirnando
Minggu, 28 April 2024 | 13:24 WIB
Prabowo saat menjadi pembicara di IISS (Sinpo.id/Tim Media)
Prabowo saat menjadi pembicara di IISS (Sinpo.id/Tim Media)

SinPo.id - Pakar hubungan internasional dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Robi Sugara meyakini, sosok Prabowo Subianto mampu melanjutkan dan menyempurnakan strategi geopolitik Presiden Joko Widodo. Hal ini untuk menjadikan Indonesia disegani di dunia internasional.

"Prabowo bukan hanya melengkapi, tapi menyempurnakan peran Indonesia di kancah internasional. Jokowi sudah bagus dan berhasil membawa Indonesia disegani di kawasan ASEAN," kata Robi Sugara, dalam keterangannya, Minggu, 28 April 2024. 

Menurut Robi, di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi, Indonesia sukses menjadi Ketua ASEAN 2023. Karena itu, Ia berharap, kepemimpinan strategis Prabowo akan menyempurnakan keberhasilan Jokowi. 

Robi meyakini, Prabowo mampu menyuarakan kepentingan negara Indo-Pasifik dan negara berkembang lainnya, termasuk kepentingan Indonesia di dunia internasional.

"Prabowo sudah terbukti mampu tampil di panggung internasional. Misalnya, dia tampil pertama kali di forum yang strategis, seperti yang sudah disampaikan kepada dunia tentang resolusi konflik Rusia-Ukraina,” kata dia.

Oleh karena itu, Robi sangat menantikan pidato Prabowo di forum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

"Kita sama-sama menantikan Prabowo pidato di forum PBB, dia akan menggelegar. Terkait urusan dalam negeri, menurut saya akan dibantu Gibran dalam melanjutkan program Pak Jokowi dan dia paham. Jadi di kepemimpinan ini akan lebih menarik," tukasnya.sinpo

Komentar: