REKAPITULASI NASIONAL

KPU Targetkan Rekapitulasi Nasional Rampung Selasa Besok

Laporan: Tio Pirnando
Senin, 18 Maret 2024 | 18:14 WIB
Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI August Mellaz (SinPo.id/ Tangkapan layar)
Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI August Mellaz (SinPo.id/ Tangkapan layar)

SinPo.id - Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI August Mellaz mengatakan, rekapitulasi hasil penghitungan suara nasional Pemilu 2024, ditargetkan selesai Selasa besok. 

Karena, malam ini pukul  20.30 WIB,  Provinsi Papua Barat Daya dan Jawa Barat dijadwalkan untuk mengikuti rekapitulasi, dan besoknya, Provinsi Maluku, Papua Pegunungan, dan Papua, besok.

"Kalau melihat dari proses yang berlangsung, saya kira tanggal 18 dan kemudian tanggal 19 akan bisa kita tuntaskan semua untuk tenggat terkait dengan rekapitulasinya," kata Mellaz di Kantor KPU RI, Jl Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Senin, 18 Maret 2024.

Untuk penetapan hasil Pemilu 2024, lanjut Mellaz, akan dibahas dalam rapat pleno. Namun, Ia belum bisa memastikan apakah ketika proses rekapitulasi selesai besok akan langsung diumumkan untuk penetapan hasil.

"Bisa saja begitu (setelah rekap selesai langsung diumumkan), tapi tentu kami akan bahas dulu di pleno. Pokoknya yang jelas kami punya ruang gerak sampai 20 Maret," ujar Mellaz. 

Diketahui, dari proses rekapitulasi yang sedang berjalan hingga hari ke-20, KPU sudah mengesahkan 33 dari 38 provinsi di Indonesia. 

Adapun untuk pemilu luar negeri, KPU telah menyelesaikan rekapitulasi untuk 128 Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN). 

Merujuk hasil sementara, pasangan Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka unggul dari pasangan Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo - Mahfud MD. sinpo

Komentar: