GUGATAN PILPRES

Prabowo-Gibran Siap Hadapi Gugatan Pilpres 2024 di MK

Laporan: Juven Martua Sitompul
Rabu, 20 Maret 2024 | 21:35 WIB
Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani (SinPo.id/ Sigit Nuryadin)
Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani (SinPo.id/ Sigit Nuryadin)

SinPo.id - Sekretaris Jendral (Sekjen) Partai Gerindra Ahmad Muzani memastikan kubu pasangan capres dan cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka siap menghadapi gugatan Pemilu 2024 di Mahkamah Konstitusi (MK). Gerindra optimistis dengan hasil penghitungan resmi KPU.

"Gugatan itu biasanya menyangkut tentang perolehan suara dan seterusnya. Kami dari pasangan calon 02 siap untuk memperkuat keputusan KPU yang akan diumumkan malam ini," kata Muzani saat ditemui awak media di kediaman Prabwo di kawasan Kartanegara IV, Jakarta Selatan, Rabu, 20 Maret 2024.

Muzani mengaku tetap akan menghormati proses hukum yang akan bergulir di MK. Namun demikian, dia yakin siapa pun yang akan menggugat kemenangan Prabowo-Gibran akan gugur karena hanya memiliki bukti yang lemah.

"Kami akan buktikan bahwa gugatan yang mereka ajukan adalah gugatan yang lemah, bukti yang tidak akurat dan akurasi yang tidak pas," ucap dia.

KPU RI telah melakukan rekapitulasi suara di 37 provinsi hingga Rabu sore. Pasangan Prabowo-Gibran meraih 95.497.912 suara di 37 provinsi tersebut. Selanjutnya, Anies-Muhaimin mendapatkan 40.779.024 suara, serta Ganjar-Mahfud meraih 26.744.589 suara.

Berdasarkan hasil rekapitulasi nasional yang dilakukan KPU, Prabowo-Gibran berhasil menang di semua provinsi kecuali Aceh dan Sumatra Barat.

Untuk pemilihan presiden dan wakil presiden, diikuti tiga pasangan, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.sinpo

Komentar: