Habiburokhman Tangkap Sinyal NasDem dan PPP Gabung Pemerintahan Prabowo-Gibran

Laporan: Juven Martua Sitompul
Jumat, 22 Maret 2024 | 19:54 WIB
Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman (SinPo.id/ashar)
Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman (SinPo.id/ashar)

SinPo.id - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman menangkap sinyal positif dari ucapan selamat Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dan Plt Ketum PPP M Mardiono kepada Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka yang menenangkan Pilpres 2024.

Habiburokhman menilai ucapan kedua tokoh itu sebagai sinyal bahwa NasDem dan PPP akan bergabung ke pemerintahan Prabowo-Gibran.

"Tentu itu sinyal yang amat kuat bahwa NasDem dan PPP akan bergabung dengan kami," kata Habiburokhman saat dihubungi, Jakarta, Jumat, 22 Maret 2024.

Wakil Ketua Komisi III DPR ini menilai wajar jika NasDem dan PPP bergabung ke Prabowo. Sebab, kata dia, kedua partai itu juga sekarang berada di koalisi Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Sebenarnya sekarang kan kami memang sudah satu koalsisi yakni sama-sama pendukung pemerintahan Pak Jokowi. Karena Pak Prabowo adalah penerus Pak Jokowi maka menjadi wajar jika kedua partai tersebut kembali bersatu bersama kami," ucapnya.

Meski begitu, dia mengaku tidak mau mendahului keputusan NasDem dan PPP. Menurut dia, kedua partai itu akan memberikan pernyataan sendiri nantinya.

"Namun demikian pernyataan resmi bergabung atau tidak akan mereka sampaikan sendiri. Kami tidak bisa mendahului ataupun mengintervensi," katanya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan pasangan Prabowo-Gibran sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2024-2029 pada Rabu, 20 Maret 2024.

Usai ditetapkan sebagai presiden dan wakil presiden terpilih, ucapan selamat pun terus diterima Prabowo-Gibran. Ucapan pemberian selamat itu di antaranya datang dari Surya Paloh dan Mardiono.sinpo

Komentar: