Pertamina Ancam Cabut Izin Usaha SPBU Curang

Laporan: Tim Redaksi
Jumat, 29 Maret 2024 | 05:34 WIB
SPBU (wikipedia)
SPBU (wikipedia)

SinPo.id -  Pertamina akan mencabut izin usaha SPBU yang diduga melakukan kecurangan. Pernyataan itu disampaikan Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati  dalam rapat dengar pendapat bersama Komisi VI DPR di Jakarta, Kamis 28 Maret 2024. 

“Saya sepakat, kita cabut saja izinnya karena (kecurangan,-red)" kata dia pada Kamis 28 Maret 2024. 

Nicke mengaku tidak dapat mentolerir perbuatan pengelola SPBU tersebut. ""ni tidak bisa kita tolerir, khususnya adalah untuk konsumen,” tuturnya.

Namun, dia mempertimbangkan aspek ketersediaan SPBU di daerah itu sebelum mencabut izin SPBU yang nakal. Menurut dia, harus sudah terdapat SPBU pengganti di daerah yang akan dicabut izinnya.

“Kita harus memastikan ketersediaan (SPBU pengganti) di daerah tersebut harus ada. Sebelum adanya pengusaha yang baru menggantikan, tentu perlu ada temporary facility yang kami provide (sediakan),” ujar Nicke.

Nicke mengatakan bahwa ketegasan penindakan terhadap SPBU nakal memanglah diperlukan. Akan tetapi, pihak Pertamina tetap harus menjaga keterpenuhan kebutuhan masyarakat akan BBM.

“Kita juga harus menjaga, menjamin bahwa dengan adanya penutupan-penutupan tersebut tidak mengganggu distribusi kepada masyarakat,” tambahnyasinpo

Komentar: