Terminal Kallideres Gelar Ramp Chek Bus, Pastikan Kesiapan Angkutan Mudik

Laporan: Khaerul Anam
Jumat, 29 Maret 2024 | 22:36 WIB
Terminal Kalideres gelar Ramp Check Bus jelang mudik lebaran (SinPo.id/Beritajakarta)
Terminal Kalideres gelar Ramp Check Bus jelang mudik lebaran (SinPo.id/Beritajakarta)

SinPo.id - Pengelola Terminal Bus Kalideres bersama Unit Pengelola Pengujian Kendaraan Bermotor (UP PKB) Kedaung Angke menggelar ramp check atau inspeksi keselamatan terhadap angkutan umum. 

Kegiatan ini untuk memastikan bus yang beroperasi dalam keadaan prima dan siap mengangkut penumpang arus mudik Idulfitri tahun 1445 H/ 2024 M.

Kepala Terminal Bus AKAP Kalideres, Revi Zulkarnain mengatakan, salah satu persiapan menyambut arus mudik yakni dengan menggelar ramp check angkutan mudik serta tes urine dan kesehatan bagi para awak bus sejak beberapa pekan lalu.

“Ramp check untuk memastikan semua bus angkutan Lebaran dalam kondisi baik dan laik jalan,” ujar Revi, Jumat, 29 Maret 2024.

Revi menjelaskan, ramp check antara lain melakukan pemeriksaan rem, ban, kaca spion, lampu utama, lampu sein, dan mesin. Kemudian pengecekan peralatan pendukung seperti, ketersediaan alat pemukul kaca untuk keadaan darurat, kelengkapan kesehatan P3K, APAR, dongkrak, dan lain-lain.

“Kami juga akan menyiapkan posko pengamanan, posko kesehatan dan posko ramp check serta menyiagakan sekitar 150 personel gabungan untuk menghadapi musim Lebaran tahun ini,” jelas Revi.

Lebih lanjut, Revi menambahkan untuk puncak arus mudik tahun ini diperkirakan akan terjadi pada H-3 dan H-4 atau pada tanggal 6 dan 7 April 2024. 

Eevi juga mengungkapkan, berdasarkan hasil survei Kemenhub diprediksi sebanyak 7.000 - 8.000 pemudik akan berangkat dari Terminal Kalideres. Sedangkan berdasarkan data tahun 2023, Terminal Kalideres memberangkatkan sebanyak 5.655 penumpang arus mudik.

“Kami juga juga sudah berkoordinasi dengan pihak terkait untuk menyiapkan armada tambahan,” tandasnya.sinpo

Komentar: