PERTEMUAN MEGAWATI PRABOWO

PAN Senang Jika PDIP Ingin Gabung Pemerintahan Prabowo-Gibran

Laporan: Juven Martua Sitompul
Sabtu, 30 Maret 2024 | 20:11 WIB
Waketum PAN Viva Yoga Mauladi (SinPo.id/ Sigit Nuryadin)
Waketum PAN Viva Yoga Mauladi (SinPo.id/ Sigit Nuryadin)

SinPo.id - PAN menyambut baik wacana adanya pertemuan Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Mewagati Soekarnoputri dengan Presiden terpilih Prabowo Subianto. PDIP bahkan diharap mau bergabung Koalisi Indonesia Maju (KIM).

"Jika PDIP merencanakan ikut bekerja sama dengan Koalisi Indonesia Maju di pemerintahan, maka PAN menyambut dengan senang hati dan gembira ria," kata Waketum PAN Viva Yoga kepada wartawan, Jakarta, Sabtu, 30 Maret 2024.

Viva mengatakan dengan begitu, sikap politik di Parlemen akan semakin kuat dan berdampak pada dukungan terhadap program-program pemerintah. Tujuan pembangunan nasional pun akan terealisasi dengan mudah.

"Kedua, akan dapat menambah kohesivitas sosial politik sehingga persatuan nasional semakin kuat dan integratif," kata Viva.

Di sisi lain, Viva mengatakan PAN tetap menghormati arah politik masing-masing partai. Dia berharap ada komunikasi serius jika pertemuan itu dilakukan.

"Tapi itu harapan PAN. PAN tetap menjaga fatsun politik untuk tidak ikut campur rumah tangga partai politik lainnya. Apakah PDIP memiliki rencana untuk kerja sama politik sebagai partai pemerintah bersama KIM?" ujarnya.

Viva meyakini rekonsiliasi KIM dengan PDIP akan berjalan baik. Apalagi, hubungan Prabowo dengan Megawati tidak pernah berjarak. 

"Hubungan Pak Prabowo dan Bu Mega itu tidak berjarak dari dulu, sehingga memudahkan untuk berkomunikasi, diharapkan dengan komunikasi ini ada upaya serius bersama mengawal agenda demokrasi dan bersama mengawal membangun peradaban Indonesia," kata Viva.

Sebelumnya, Ketua DPR RI sekaligus Ketua DPP PDIP Puan Maharani menyinggung soal rencana pertemuan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri dengan presiden terpilih Prabowo Subianto.

"Insyaallah (pertemuan Megawati dan Prabowo)," kata Puan di Kompleks Parlemen.sinpo

Komentar: