MUDIK LEBARAN 2024

Polda Metro Dirikan Pos Pantau Mudik di Kalimalang-Daan Mogot

Laporan: Sigit Nuryadin
Minggu, 31 Maret 2024 | 16:56 WIB
Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman (SinPo.id/ Antara)
Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman (SinPo.id/ Antara)

SinPo.id - Polda Metro Jaya telah menyiapkan skema pengaturan arus lalu lintas saat mudik Lebaran 2024. Salah satu yang diperhatikan yakni jalur mudik alternatif, khususnya bagi pemudik yang menggunakan roda dua atau motor.

"Nanti pada pusat pelaksanaannya, kami dari Polda Metro Jaya juga akan melakukan pengamanan terhadap mereka, khususnya memang roda dua," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman dalam keterangannya dikutip Minggu, 31 Maret 2024.

Menurut Latif, nantinya akan dibangun pos pantau atau pengawasan di jalur arteri perbatasan Jakarta. Mulai dari Kali Malang, Jakarta Timur hingga Daan Mogot Jakarta Barat.

"Jalur utama roda dua ke arah timur adalah jalur Kali Malang, jalur ke arah barat adalah jalur Daan Mogot Kalideres sampai dengan Tangerang. Ini kita nanti akan mendirikan pos pengawasan terhadap pengendara roda dua, yaitu di Kali Malang yang mengarah ke arah timur dan di Kalideres yang ke arah barat," ungkap dia. 

Lebih lanjut, Latif pun mengimbau, agar para pemudik dengan jarak tempuh puluhan hingga ratusan kilometer untuk memanfaatkan angkutan umum saat mudik. 

Namun, kata dia, jika harus menggunakan roda dua, maka semua hal harus diperhatikan demi keselamatan.

"Kelayakan daripada kendaraan juga harus dicek betul. Rem, ban, spion, sen, apapun harus disiapkan lebih awal. Khususnya untuk roda dua," ujar Latif. 

"Apabila terpaksa tentunya harus betul-betul memperhatikan keselamatan dalam penggunaan sepeda motor. Yaitu yang pertama adalah membawa beban tidak melebihi batas, terus khususnya kendaraan tidak boleh boncengan lebih dari tiga," sambungnya. sinpo

Komentar: