Kebakaran Gedung YLBHI, Polisi: Diduga Korlesting Blower AC

Laporan: Sigit Nuryadin
Senin, 08 April 2024 | 08:49 WIB
Kebakaran Gedung Lembaga Bantuan Hukum (LBH)-YLBHI, Menteng, Jakarta Pusat pada Minggu, 7 April 2024 pukul 22.00 WIB. (SinPo.id/Dok. LBH YLBHI)
Kebakaran Gedung Lembaga Bantuan Hukum (LBH)-YLBHI, Menteng, Jakarta Pusat pada Minggu, 7 April 2024 pukul 22.00 WIB. (SinPo.id/Dok. LBH YLBHI)

SinPo.id - Polisi menduga penyebab kebakaran yang terjadi di Gedung Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) di Jalan Diponegoro, Pegangsaan, Jakarta Pusat, pada Minggu, 7 April 2024 malam. 

Kapolsek Menteng, Kompol Bayu Marfiando mengatakan, kebakaran tersebut diduga karena ledakan blower AC yang korsleting di lantai dua gedung LBH. 

Dugaan tersebut, kata dia, berdasarkan penyelidikan awal pihaknya dan keterangan saksi yang berada di sekitar lokasi kejadian. 

"Bunyi ledakan sebanyak tiga kali,” ujar Bayu dalam keterangannya pada Minggu, 7 April. 2024 malam. 

Menurut Bayu, gedung dalam keadaan kosong ketika terjadinya kebakaran. Adapun api muncul di lantai dua dan tiga gedung YLBHI.

"Pukul 22.50 WIB api sudah padam. Tidak ada korban jiwa,” ungkap dia. 

Diketahui, Insiden kebakaran terjadi di Lantai 2 Gedung Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta pada Minggu 7 April 2024 sekitar pukul 22.25 WIB. 

Informasi itu disampaikan Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Kota Administrasi Jakarta Pusat.

Dalam laporannya, kebakaran itu terjadi diduga karena korsleting listrik.

"Pemilik warung klontong melihat terjadi Ledakan di lantai 2 yang di sebabkan oleh outdoor AC api langsung dengan cepat menjalar ke lantai 3 dan 4," tulis laporan Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Kota Administrasi Jakarta Pusat.sinpo

Komentar: