Kedubes Iran di Indonesia Sebut Serangan ke Israel Bentuk Pembelaan Diri

Laporan: Tio Pirnando
Minggu, 14 April 2024 | 11:19 WIB
Ratusan rudal Iran ditembakkan menuju Israel. (SinPo.id/AFP)
Ratusan rudal Iran ditembakkan menuju Israel. (SinPo.id/AFP)

SinPo.id - Kedutaan Besar (Kedubes) Republik Islam Iran di Indonesia mengungkapkan sejumlah alasan militer negaranya meluncurkan ratusan drone hingga misil ke wilayah Israel pada Minggu, 14 April 2024, dini hari waktu setempat.

Diantaranya, untuk membalas serangan yang dilakukan Israel di wilayah Suriah dan Damaskus pada awal bulan ini.

"Pada hari ini (14 April 2024) angkatan bersenjata Republik Islam Iran dalam menjalankan hak wajarnya untuk membela diri," tulis Kedubes Iran di RI, dalam siaran persnya, Minggu, 14 April 2024.

Kedubes Iran menekankan bahwa langkah penyerangan terhadap Israel, merupakan pembelaan sesuai Pasal 51 Piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), dan reaksi dari serangan berulang-ulang yang dilakukan rezim Zionis, hingga menyebabkan pejabat militer Iran tewas.

Diketahui, serangan Israel membombardir dari udara kantor kedutaan Iran di Ibu Kota Suriah, Damaskus, Senin, 1 April lalu, telah menewaskan 13 orang, termasuk pasukan Garda Revolusi dan dua orang jenderal.

"Tanggapan pembalasan terhadap agresi militer berulang-ulang rezim Zionis, di mana menyebabkan kesyahidan para penasihat militer resmi Iran yang secara resmi hadir di Suriah atas undangan pemerintah Suriah dan beraktivitas di sana," tulis Kedubes.

Iran memastikan patuh pada prinsip Piagam PBB, dan hukum internasional. "Republik Islam Iran mempergunakan kesempatan ini untuk menekankan kembali kepatuhannya terhadap prinsip-prinsip dan tujuan Piagam PBB serta hukum internasional," kata mereka.

Kedubes Iran menegaskan pemerintahnya mempertahankan kedaulatan wilayah dan kepentingan nasional negaranya dari agresi Israel. Penyerangan terhadap Israel adalah bentuk pembelaan Iran.

"Begitu juga Iran menegaskan tekad tegasnya untuk mempertahankan kedaulatan, integritas wilayah, dan kepentingan nasionalnya terhadap berbagai bentuk penggunaan ilegal kekuatan dan agresi. Tindakan defensif Republik Islam Iran dalam menjalankan haknya untuk membela diri," terang Kedubes Iran.

Kedubes Iran di Jakarta juga menyebut serangan terhadap Israel merupakan bentuk tanggung jawab Iran terhadap perdamaian di kawasan. Sebab, Israel telah melakukan serangan genosida dan serangan ilegal terhadap Palestina dan negara-negara-negara sekitar lainnya.

"Menunjukkan pendekatan bertanggung jawab Iran terhadap perdamaian dan keamanan regional dan internasional pada saat tindakan ilegal dan genosida yang dilakukan oleh rezim apartheid Zionis terhadap bangsa Palestina dan agresi militer terhadap pemerintah negara-negara di kawasan dengan tujuan memperluaskan api peperangan terus dilakukan oleh rezim Zionis," terang Kedubes Iran.

Terakhir, Kedubes Iran di Jakarta menyatakan negaranya tak ragu mengambil langkah lebih defensif untuk melindungi kepentingan nasional dari Israel.

"Apabila diperlukan, maka Republik Islam Iran tidak akan ragu untuk mengambil tindakan yang lebih defensif untuk melindungi kepentingan sahnya dari tindakan militer agresif dan penggunaan kekuatan ilegal," pungkas Kedubes Iran.sinpo

Komentar: