Kunjungan Jokowi ke Medan Disebut untuk Kondusifkan Posisi Bobby di Pilkada Sumut

Laporan: Firdausi
Minggu, 14 April 2024 | 10:38 WIB
Presiden Jokowi (SinPo.id/setpres)
Presiden Jokowi (SinPo.id/setpres)

SinPo.id - Pengamat politik dari Universitas Al-Azhar Ujang Komarudin melihat silaturahim hari lebaran Presiden Joko Widodo atau Jokowi ke Medan, Sumatera Utara, bukan merupakan lawatan biasa. Melainkan ada misi khusus.

Salah satunya adalah ingin membereskan urusan Bobby Nasution dan Ketua Dewan Pimpinan Daerah Sumatera Utara Partai Golkar, Musa Rajekshah alias Ijeck, untuk maju sebagai calon Gubernur Sumut di Pilkada 2024.

"Bisa arahnya kesitu. Bobby ingin maju harus kondusif semua," kata Ujang kepada wartawan, Minggu, 14 April 2024.

Menurut Ujang, Jokowi mempunyai pengaruh besar, sehingga orang nomor satu di Indonesia itu bisa memanggil Ijeck untuk meminta supaya maju bersama dengan Bobby di Pilgub Sumut.

Kemungkinan Ijeck, kata Ujang, juga bisa memenangkan Bobby bila keduanya resmi perpasangan.

"Bisa memenangkan Bobby bukan sesuatu yang mustahil. Sebab, apabila ingin menang, internal Golkar di Sumatera Utara harus bersatu," ujarnya.

Sebelumnya, Istana Kepresidenan angkat bicara mengenai agenda Presiden Jokowi ke Medan, Sumatera Utara, mulai Kamis, 11 April 2024.

Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana mengatakan, Jokowi menggunakan momen Idulfitri untuk berkunjung, berkumpul, bersilaturahmi bersama keluarga, sahabat, hingga masyarakat umum.

Bersama Ibu Negara Iriana, Jokowi mengunjungi putrinya Kahiyang Ayu, menantunya Bobby Nasution, dan cucunya Sedah Mirah Nasution, Panembahan Al Nahyan Nasution, dan Panembahan Al Saud Nasution. 

"Seperti halnya setiap keluarga di Indonesia,” kata Ari dalam pesan singkat yang pada Jumat, 12 April 2024.sinpo

Komentar: