3.643 Personil Gabungan Siap Amankan Unjuk Rasa di Sekitar Monas Siang Ini

Laporan: Tio Pirnando
Kamis, 18 April 2024 | 12:47 WIB
Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro. (SinPo.id/dok. Polri)
Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro. (SinPo.id/dok. Polri)

SinPo.id - Aparat kepolisian bersama TNI, Satpol PP dan Dinas Perhubungan (Dishub) mengerahkan personel dalam rangka pengamanan unjuk rasa yang akan berlangsung di sekitaran Monas, Jakarta Pusat, pada Kamis siang. 

"Hari ini kami siap mengamankan warga yang akan menyampaikan pendapat dan kami menerjunkan 3.643 personel gabungan TNI, Polri yang dibantu Pol PP serta Dishub yang nantinya akan di bagi di beberapa titik pengamanan di sekitaran Monas," ujar Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro, kepada wartawan, Kamis, 18 April 2024. 

Susatyo mengatakan, rekayasa lalu lintas bersifat situasional. Karena itu, Ia mengimbau kepada masyarakat yang akan melintasi sekitaran Monas supaya dapat menggunakan jalur alternatif lain.

"Sementara itu untuk rekayasa lalu lintas nantinya bersifat situasional tergantung kondisi di lapangan. Jika diperlukan, akan dilakukan pengalihan arus lalu lintas maka kami himbau untuk masyarakat yang akan melintas di sekitaran Monas agar mencari jalan alternatif lainnya dikarenakan akan ada aksi penyampaian pendapat," paparnya.

Menurut dia, siapa saja yang akan menyampaikan pendapat di muka umum, sebagaimana diatur dalam undang-undang penyampaian pendapat hak setiap warga negara, tentunya harus memperhatikan hak-hak masyarakat lainnya, sehingga aturan dalam undang-undang penyampaian pendapat di muka umum harap di patuhi supaya semua kegiatan berjalan dengan aman dan kondusif.

"Kepada seluruh Personel yang terlibat Pengamanan untuk selalu bertindak persuasif, tidak terprovokasi, mengedepankan negoisasi, pelayanan serta humanis," katanya.sinpo

Komentar: