APBN INDONESIA

Menkeu: APBN Kita Seperti Timnas U-23, Sama-sama On Track

Laporan: Tio Pirnando
Sabtu, 27 April 2024 | 16:33 WIB
Menkeu Sri Mulyani (SinPo.id/ Ashar)
Menkeu Sri Mulyani (SinPo.id/ Ashar)

SinPo.id - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menggambarkan kondisi terkini Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), sama seperti performa Timnas Indonesia U-23 yang menang melawan Korea Selatan pada perempat final Piala Asia. Menurutnya, kondisi APBN dalam kondisi baik dan berada di jalur yang tepat.

"Situasi #APBNKiTa saat ini seperti kemenangan Timnas Indonesia melawan KorSel pada pertandingan perempat final Piala Asia U-23 AFC tadi malam. Performa keduanya baik dan on-track, namun dihadapkan pada tantangan yang semakin tidak mudah," kata perempuan yang karib disapa Ani dalam unggahan Instagramnya, Sabtu, 27 April 2024. 

Ani menilai, perlu kehati-hatian, kesiapan yang matang, serta fokus agar masing-masing bisa mencapai tujuan. Dimana, timnas U-23 membawa kemenangan untuk Indonesia, sementara APBN melindungi masyarakat dan menjaga stabilitas perekonomian Indonesia di tengah gejolak situasi global.

Ia lantas menjabarkan postur hingga Maret 2024. Dimana, pendapatan negara tercatat Rp620,01 triliun (22,1 persen target), turun 4,1 persen year on year (yoy), dan belanja negara Rp611, 9 triliun (18,4 persen pagu) atau naik 18 persen yoy, dan APBN surplus sebesar Rp8,1 triliun (0,04 persen PDB). 

Menurutnya, kondisi perekonomian global masih lemah dan mengalami tekanan bertubi-tubi, terutama dari sisi geopolitik. Situasi berubah sangat cepat, ketegangan geopolitik di Timur Tengah meningkatkan disrupsi rantai pasok dan volatilitas harga komoditas.

Di samping itu, perekonomian Amerika yang sudah pulih, namun inflasi masih tetap tinggi menyebabkan kebijakan suku bunga higher for longer masih berlanjut melampaui ekspektasi pasar. 

"Ini yang menyebabkan obligasi US dan indeks dolar menguat, sehingga terjadi arus modal keluar di banyak negara dan pelemahan mata uang selain dolar," ujarnya.

Di tengah situasi ini, perekonomian Indonesia masih terjaga baik.  Kemenkeu memproyeksikan pertumbuhan ekonomi kuartal I 2024 masih berada di sekitar 5 persen yoy. Hingga Maret ini, PMI Indonesia masih tetap ekspansif di 54,2.

Kemudian, Indeks Keyakinan Konsumen masih tinggi di 123,8, Mandiri Spending Index tetap tumbuh di 46,9, Indeks Penjualan Riil juga positif di 3,5 persen yoy. Tak hanya itu, Sri Mulyani menyebut Inflasi juga relatif terkendali di 3,05 persen yoy.

"Untuk itu, APBN akan terus dikelola dengan penuh kehati-hatian serta responsif terhadap risiko global yang sangat dinamis," tukasnya.

Sebagai informasi, timnas Indonesia U-23 berhasil mengalahkan Korea Selatan pada perempat final Piala Asia U-23 2024. Garuda Muda melaju ke semifinal usai menang drama adu penalti dengan skor 11-10.sinpo

Komentar: