Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Cibubur

Laporan: Tim Redaksi
Jumat, 03 Mei 2024 | 03:21 WIB
Pasar (pixabay)
Pasar (pixabay)

SinPo.id -  Ratusan warga yang didominasi kaum ibu, Kamis 2 Mei 2024, menyerbu pasar murah yang digealr di halaman kantor Kelurahan Cibubur, Ciracas, Jakarta Timur. Mereka dilayani petugas dari Dirjen Holtikultira Kementerian Pertanian RI yang dibantu pqegawai kelurahan.

Kepala Seksi Perekonomian dan Pembangunan (Ekbang) Kelurahan Cibubur, Heru Kristianto menjelaskan, pasar murah ini merupakan hasil sinergisitas dengan Kementerian Pertanian RI dan Badan Pangan Nasional (Bapanas), serta didukung Bulog dan stakeholder lainnya.

"Warga sangat antusias. Mayoritas belanja bawang merah dan bawang putih, karena di pasaran sedang tinggi harganya," kata Heru.

Hal ini dibenarkan staf Dirjen Holtikultura Kementan RI, Heny. Dia mengungkapkan, telah u menyiapkan stok 120 kilogram bawang merah dan 30 kilogram bawang putih dalam pasar murah ini.

Menurut Heny, ada tiga varietas bawang merah yang dijualnya. Yakni bawang merah varietas batu ijo yang dijual Rp 25 per kilogram, varietas Bima Brebes Rp 35 ribu per kilogram dan Bima Super Rp 45 ribu per kilogram. Kemudian bawang putih cuting  Rp 23 ribu per kilogram dan yang biasa Rp 19 ribu er kilogram.

Kemudian komoditi lainnya adalah beras SPHP Rp 10.600 per kilogram, beras premium Rp 14.900 per kilogram, daging ayam Rp 34.500 per kilogram, gula konsumsi Rp 17 ribu per kilogram, Selain itu ada telur ayam Rp 27.500 per kilogram dan daging sapi beku Rp 105 ribu per kilogram.

Menurutnya, komoditi lainnya yang diminati masyarakat adalah cabe. Seperti cabe keriting kemasan 200 gram Rp 10 ribu dan kemasan setengah kilogram Rp 18 ribu. Pihaknya juga menjual minyak goreng kemasan 1 liter yang dibandrol Rp 15.500 per botol. Ia membawa 60 botol namun yang laku 22 botol.

"Ini untuk membantu stabilitasi harga komoditi pasar," ujarnya.

Mila, staf Badan Pengawasan Pangan Nasional (Bapanas) menambahkan, program pangan murah ini digelar sejak 29 April hingga 8 Mei mendatang di lima wilayah ibukota. Setiap harinya dilaksanakan di delapan kelurahan.

Untuk hari ini, ungkap Mila, pasar murah digelar di Kelurahan Cibubur, Lubang Buaya, Duren Sawit, Kebon Baru, Rawamangun, Pancoran dan Duren Tiga. Selain itu di Pasar Mitra Tani Holtikultra Pasar Minggu dan di Bogor, Jawa Barat.

"Pasar murah ini untuk stablisasi harga bawang merah dan bawang putih. Karena isunya harga di pasaran naik lantaran banyak banjir di sejumlah akses jalur distirbusidi barang," bebernya.

Sementara, Sumiyati (49), salah seorang warga mengaku, mendatangi kantor kelurahan bersama tetangganya dengan berjalan kaki untuk berbelanja bawang merah dan minyak sayur.

"Pasar murah ini sangat membantu warga, karena harganya lebih murah dari harga pasar,' tukasnya.sinpo

Komentar: